Gelar Job Fair, Disnaker Tekankan Perusahaan Tidak Jadikan Moment Ambil Database

  • Bagikan
Kepala Disnaker Makassar Nielma Palamba

MAKASSAR, RAKYATSULSEL- Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Makassar menyiapkan aplikasi Siap Kerja untuk digunakan oleh perusahaan-perusahaan yang mengikuti pameran Job Fair Disnaker Makassar 2023.

Aplikasi ini berfungsi sebagai alat untuk mendeteksi seberapa banyak penyerapan tenaga kerja yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan tersebut.

"Jadi ada aplikasi yang harus diisi oleh pelaku usaha yang ikut pameran job fair supaya kami bisa mengidentifikasi serapannya," ujar Kepala Disnaker Makassar Nielma Palamba, Selasa (8/8).

Nielma, sapaan akrabnya, mengatakan dari aplikasi tersebut nantinya, Disnaker Makassar dapat memonitor berapa jumlah tenaga kerja yang diserap oleh perusahaan tersebut secara real time.

"Harus ikut aplikasi yang sudah disiapkan. Sehingga kami bisa monitor secara real time," ucap Nielma.

Jika dari hasil monitoring dari aplikasi terdapat perusahaan yang hanya sedikit menyerap tenaga kerja maka, tidak akan kembali diikutkan pada pameran job fair mendatang.

"Kalau misalnya, kita evaluasi lagi tahun depan. Jangan diikutkan kalau tidak bisa menyerap tenaga kerja kami. Ini kan yang selalu kami evaluasi, sehingga makin baik kedepannya," terang Nielma.

Nielma menyebutkan hal itu dilakukan agar ada transparansi dari perusahan-perusahaan yang ikut pameran job fair mulai dari penyerapan hingga penempatan tenaga kerja.

Ia juga menekankan kepada para perusahaan-perusahaan yang mengikuti pameran job fair untuk tidak memanfaatkan moment ini sebagai tempat untuk menyusun data base, bukannya untuk menyerap tenaga kerja.

"Dia (perusahaan) buka lowongan karena mau mengambil data. Bukan untuk tujuan penempatan, bukan untuk betul betul mencari orang dengan sesuai spesifikasinya, seperti itu saya tekankan ke pelaku usaha," tutup Nielma.

Diketahui, Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Makassar akan kembali menggelar Job Fair 2023 yang akan berlangsung selama dua hari mulai tanggal 21-22 Agustus 2023 di Phinisi Point (Pipo) Mall , Jalan Metro Tanjung Bunga, Kota Makassar.

Job Fair 2023 Disnaker Makassar bakal menyiapkan 2.100 formasi yang diikuti sebanyak 500 perusahaan dari berbagai sektor seperti sektor retail, konsultan, perbankan, perhotelan dan lainnya.

Kegiatan ini digelar dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-78 tahun. Job Fair Disnaker Kota Makassar 2023 ini tidak dipungut biaya (gratis).

Pada Job Fair Disnaker Makassar 2023 ini menyiapkan formasi lowongan untuk para penyandang disabilitas. (Shasa/B)

  • Bagikan