Tantangan Partai Politik Baru di Pemilu 2024

  • Bagikan
Ilustrasi Pemilu Serentak 2024

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Pemilu 2024 kini sampai pada penetapan DCS Partai Politik Peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Ada 18 partai politik dengan pengundian nomor urut bagi sebagian partai.

Pemilu 2024 tidak hanya diikuti partai lama yang telah menduduki kursi parlemen, seperti PDIP, PKB, NasDem, Demokrat, Golkar, PAN, Gerindra, dan PKS, tetapi juga partai baru yang akan mencoba berebut peluang agar dapat menembus kursi parlemen.

Sejumlah partai baru itu ialah Partai Gelora, Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), dan Partai Buruh. Mereka tak hanya akan bersaing dengan partai lama yang telah menduduki parlemen.

Di Sulsel, sejau ini partai baru telah menyetor Bacaleg ke KPU. Bahkan telah maauk di Silon KPU. Sebut saja partai Gelora telah mendaftarakn bacalegnya di Senayaran target kursi di DPR RI.

Sekertaris Gelora Mudzakkir Ali Djamil mengatakan, sejumlah jagoan partai Gelora yang akan bertarung di Pileg 2024. Baik DPR RI maupun DPRD Kabupaten/kota memiliki target yakni merebut kursi di parlemen.

"Partai Gelora menargetkan minimal setiap Dapil disemua tingkatan baik DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD kab/kota memperoleh 1 kursi setiap dapil,' jelasnya, Selasa (22/8/2023).

Mantan anggota DPRD Kota Makassar itu menilai jika caleg disiapkan sudah siap. Kini mereka membangun tim di dapil masing-masing. Artinya setiap dapil terisi, formasi caleg kita sangat memungkinkan untuk merealisasikan target tersebut

"Masing-masing caleg yang diusulkan langsung kita kasi tugas membangun strategi, bentuk tim sukses. Makanya formulasi mewakili teritori masing-masing, distribusi bacaleg dengan basis," tutupnya.

Sedangkan, Sekretaris PSI Sulsel,  Maqbul Halim mengatakan Dewan Pengurus Wiayah Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Sulsel menargetkan kursi untuk semua dapil terisi di DPR RI, DPRD Provinsi maupun Kabupaten Kota di Sulsel pada Pemilu 2024 mendatang.

"Target kami semua dapil akan terisi, baik kursi di DPRD Kab/kota, Provinsi dan DPR RI," jelasnya.

  • Bagikan