Maros Raih Penghargaan ADWI 2023

  • Bagikan

MAROS, RAKYATSULSEL -- Desa Wisata Rammang-rammang, Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan berhasil meraih Juara 5 Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 kategori daya tarik pengunjung. Agenda ini diinisiasi langsung Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI.

Anugerah ADWI 2023 tersebut diserahkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf RI) kepada Bupati Maros, HAS Chaidir Syam didampingi Kepala Dinas Pariwisata dan Pemuda Olahraga (Dispapora Maros) M Ferdiansyah. di Teater Tanah Airku Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, Minggu (27/8/2023).

Diketahui sebelumnya, pada Senin lalu (07/8/2023) Bupati Maros telah memberikan Piagam Penghargaan ADWI 2023 kepada Kelompok Sadar Wisata Rammang-rammang, sekaligus menyerahkan bantuan berupa Sarana Komputer Portable dan Mesin Cetak sebagai Dukungan Kelengkapan Digital dan Kreatif serta kelembagaan Desa Wisata Rammang-rammang.

Bupati Maros, HAS Chaidir Syam. Kepada awak media mengungkapkan rasa bangga dan bersyukur atas diraihnya penghargaan tersebut. Menurut Chaidir, keberhasilan yang diraih tidaklah mudah. Sebab, Desa Wisata Rammang-rammang melalui Konservasi Kawasan Pegunungan Karts Terbesar kedua di Dunia berhasil bersaing dengan 4573 desa lain di Indonesia.

“Alhamdulillah, Desa Wisata Rammang-rammang berhasil meraih juara 2. Jadi total Desa Wisata yang dinilai ada 4573 desa. Dan yang masuk nominasi hanya 75 desa termasuk Desa Wisata kita ini yang menjadi kebanggaan warga Maros,” ujar Bupati Chaidir dalam keterangannya, Senin (28/8/2023).

Bupati Maros bertagline Maros Keren ini, untuk menentukan juara pada ADWI 2023, didasarkan pada lima kategori penilaian. Pertama, daya tarik pengunjung, potensi kreativitas dan hasil karya desa wisata, hingga peningkatan kualitas standar pelayanan.

“Penilaian lainnya terkait digital dan kreatif dalam hal pemanfaatan digitalisasi promosi Desa Wisata. Kemudian terkait Kelembagaan Desa Wisata dan sertifikasi Cleanliness, Health, Safety, and Environment Sustainability (CHSE) berstandar nasional,” terang Bupati Chaidir.

Sementara, Kepala Dinas Pariwisata dan Pemuda Olahraga (Dispapora Maros) M Ferdiansyah. Menambahkan, Desa Rammang-rammang sendiri diresmikan sebagai Desa Wisata Terbaik pada ADWI 2023 oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno pada 27 Mei 2023 lalu.

“Melalui Tim yang kami bentuk, secara terus-menerus kami berkoordinasi dengan berbagai pihak yang menjadi penggerak Pariwisata, seperti Kelompok Sadar Wisata, Generasi Pesona Indonesia dan Organisasi-organisasi lainnya yang berkecimpung di dunia Pariwisata dan Ekonomi Kreatif” ungkap Kadispar, M. Ferdiansyah.

Sekedar diketahui, untuk Kabupaten Maros terdaftar sebanyak 55 Desa Wisata di Tahun 2023. (Ikbal)

  • Bagikan