Partai Utak-atik Formasi

  • Bagikan
ILUSTRASI

Sesuai tahapan Pemilu 2024, pengajuan pengganti calon sementara anggota DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota pasca masukan dan tanggapan masyarakat atas DCS dapat dilakukan mulai 14-20 September 2023.
Sekretaris Partai Golkar Sulsel, Marzuki Wadeng menegaskan bahwa DCS Golkar untuk DPRD Sulsel kemungkinan besar masih bisa berubah. Hal ini dikarenakan masih ada yang perlu penyesuaian.

"Sebelum penetapan DCT, komposisi Golkar masih berubah. DCS Golkar saat ini bisa berubah karena penyesuaian. Ada sebagian caleg juga mengisi dapil yang bisa berpeluang dan potensi terpilih," ujar Marzuki.

Bekas legislator DPRD Sulsel itu tidak merinci secara detail dapil daerah pemilihan yang akan mengalami perubahan komposisi. Dia memastikan pihaknya akan kocok ulang pengisian bacaleg sebelum penetapan DCT.

"Jadi, bukan hanya bacaleg diganti, tapi perubahan nomor urut juga. Sekarang lagi pencermatan, juga menjadi evaluasi," tutur Marzuki.

Menurut dia, salah satu kader Golkar akan dicoret dan diganti adalah anggota petahana dari Dapil Makassar A yakni Andi Debbie Purnama Rusdin yang memutuskan tak lagi maju pada Pemilu 2024. Padahal, kata dia, Golkar Sulsel masih berharap agar Debbie bisa melengkapi semua berkas agar tetap mencalonkan diri sebagai caleg di dapil tersebut.

"Dengan berbagai pertimbangan dia (Debbie) diganti karena tidak mau maju lagi. Kami masih mencari figur sebagai penggantinya," beber Marzuki.

Ketua Partai Kebangkitan Bangsa Sulsel, Azhar Arsyad menyampaikan jika DCS PKB saat ini masih bisa berubah. Alasannya, pihaknya terus melakukan evaluasi terhadap penempatan bacaleg yang ada dalam DCS.
"Bisa jadi ada perubahan DCS saat ini. Politik itu dinamis jadi masih sangat mungkin ada revisi," ujar Azhar.

Azhar mengatakan, pihaknya masih terus berburu figur-figur yang berpotensi meraih kursi pada Pemilu 2024. Dengan begitu, nama-nama yang masuk dalam DCS saat ini kemungkinan masih bisa dirombak.

Adapun, Sekretaris PDIP Sulsel, Rudy Pieter Goni secara singkat mengatakan semua kemungkinan bisa terjadi. Hanya saja, saat ini DCS PDIP kemungkinan kecil berubah.

  • Bagikan