Fatmawati Undur Diri

  • Bagikan

Fatmawati juga mengaku telah meminta izin ke Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto bahwa dirinya diminta oleh Partai NasDem untuk maju sebagai bacaleg DPR RI.

"Kembali lagi, ini momentum dan memenuhi permintaan partai. Saya langsung izin kepada Pak Wali Kota," imbuh dia.

Adapun Danny Pomanto, mengaku mendukung keputusan Fatmawati mundur dari jabatannya sebagai Wakil Wali Kota Makassar untuk maju sebagai sebagai calon anggota DPR RI pada Pemilu 2024. Danny mengatakan Fatmawati sebelumnya telah meminta izin kepada dirinya terkait keinginan mundur sekaligus meminta izin untuk maju ke pemilihan legislatif (Pileg) Sulsel Dapil 1.

"Dengan alasan yang disampaikan beliau kesimpulannya saya mendukung beliau dengan keputusannya," kata Danny.

Danny mengaku awalnya terkejut dengan keputusan Fatmawati. Alasannya, pemerintah Kota Makassar sedang padat-padatnya melaksanakan agenda-agenda Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Makassar. Apalagi, saat ini telah memasuki tahun ketiga masa kepemimpinan dalam menjalankan roda pemerintahan di Kota Makassar.

"Saya sendiri agak sedikit shock karena saya pikir tidak jadi maju," ujar dia.

Danny mengaku menghargai keputusan politik Fatmawati tersebut. Bahkan, dia menilai Fatmawati merupakan seorang kader partai yang baik. Sebab, keinginan untuk maju ke Pileg 2024 merupakan perintah dari Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. Sehingga, dia menyebut dengan majunya menjadi calon anggota legislatif Fatmawati tetap mengabdi kepada masyarakat.

"Saya kira secara profesional harus mendukung putusan itu. Pengabdian kepada masyarakat itu tetap sama hanya beda ruang, sekarang di pemerintahan nanti di legislatif," imbuh Danny.

Danny mengungkapkan sosok Fatmawati merupakan mitra kerja yang baik dalam menemani dirinya menjalankan roda pemerintahan di Kota Makassar. Ia menilai Fatmawati mampu menutupi kekurangan-kekurangan yang dimilikinya sebagai Wali Kota.

"Ini justru tahun-tahun yang paling membutuhkan memang pikiran dan tenaga sama-sama," ucap Danny.

Danny melanjutkan, Fatmawati sangat cukup bisa diajak bekerja sama. Apalagi, kata Danny, semua permintaannya mengenai penanganan masyarakat kota Makassar pasti Fatmawati jalankan dengan baik. Sehingga, Danny mengaku sangat senang dapat bekerja bersama Fatmawati sebagai sepasang Wali Kota Makassar dan Wakil Wali Kota Makassar.

Bahkan, majunya dalam Pileg 2024 atas permintaan dari Partai Nasdem, Kata Danny, Fatmawati telah menunjukkan dirinya sebagai seorang kader yang baik.

"Saya pahami itu kalau permintaan partai, sebagai kader yang baik, beliau menunjukkan yang baik," tutup Danny.

Anggota KPU Sulsel, Divisi Teknis Penyelenggara, Ahmad Adiwijaya mengatakan bahwa dalam PKPU jelas setiap kepala daerah (aktif), maju mengikuti pileg, diwajibkan mengajukan lampiran surat pengunduran diri satu bulan sebelum penetapan Daftar Caleg Tetap (DCT).

  • Bagikan