Inovasi Baru, Sentra Terpadu Kartini di Temanggung Luncurkan ‘LATIH ADIKKU’ di Madiun

  • Bagikan

MADIUN, RAKYATSULSEL CO - Sentra Terpadu Kartini Temanggung terus memperluas layanan dengan meluncurkan layanan baru yang bernama 'LATIH ADIKKU'.

Layanan yang didesain khusus untuk membantu penerima manfaat (PM) disabilitas dan anak-anak berkebutuhan khusus tersebut resmi diluncurkan di Shalter/Penampungan Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PPPA) Kota Madiun di Jalan Srindit, Selasa 31 Oktober 2023.

Kepala Bagian Tata Usaha Sentra Terpadu Kartini di Temanggung, Hendra Permana mengatakan 'LATIH ADIKKU' atau layanan terapi khusus bagi penyandang disabilitas dan anak berkebutuhan khusus (ABK) adalah layanan terapi holistik yang mencakup Terapi Okupasi, Terapi Wicara, dan Fisioterapi.

Layanan ini tersedia dalam berbagai bentuk, termasuk Layanan Residensial, Daycare, Homecare, Unit Layanan Terapi di Sentra Terpadu Kartini Temanggung, dan Unit Layanan Terapi yang menjangkau seluruh wilayah kerja yang ada di 22 kabupaten kota di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Kalimantan Timur.

"Selama ini layanan Terapi Khusus di Sentra Terpadu Kartini di Temanggung hanya menyasar PM program residensial dan day care di wilayah Temanggung. Sementara layanan ini dibutuhkan oleh banyak penyandang disabilitas dan anak berkebutuhan khusus di banyak daerah," jelas Hendra.

Hendra menilai, permasalahan mahalnya biaya layanan terapi khusus membuat layanan tersebut menjadi sulit dijangkau masyarakat kurang mampu. Padahal layanan tersebut diperlukan untuk membantu beragam hambatan disabilitas fisik, mental, intelektual, serta keterbatasan bicara dan sensori seperti autis, ADHD, speech delay, cerebral palsy, dan lainnya.

"Sentra Terpadu Kartini di Temanggung dalam memperluas layanan terapi khusus tersebut di berbagai kabupaten dan kota melalui kerja sama dengan dinas sosial dan lembaga kesejahteraan sosial setempat. Launching ini akan disusul oleh launching di beberapa kabupaten dan kota lain di Jawa Timur dan Jawa Tengah," sebut Hendra.

"Selain layanan di fasilitas Sentra Terpadu Kartini, 'LATIH ADIKKU' juga memberikan pelayanan langsung di rumah (homecare). Ini mencakup berbagai terapi dan penguatan keluarga yang dilakukan oleh para pekerja sosial, hal ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang penanganan anak disabilitas dan anak berkebutuhan khusus," sambung Hendra.

Sesuai peluncuran di Madiun, layanan 'LATIH ADIKKU' juga akan menyasar Kabupaten Magetan di Jawa Timur, serta Pekalongan dan Wonosobo di Jawa Tengah.

"Sentra Terpadu Kartini Temanggung berkomitmen untuk terus dalam memberikan layanan rehabilitasi sosial yang berkualitas dan menjangkau masyarakat luas, 'LATIH ADIKKU', adalah langkah inovasi kami," kata Hendra. (*)

  • Bagikan