Tukar Sampah Plastik di Sulsel Great Sale, Bisa Dapat Voucher Makan 50 ribu hingga Tumbler

  • Bagikan
Ketua Badan Promosi Sulsel Andry S. Arief Bulu bersama Owner LV Project, Alvina Margareta dan Staf Reco, Khadijah.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - LV Project kembali menggelar Sulsel Great Sale yang berlangsung selama lima hari mulai tanggal 8 hingga 12 November 2023, di Mall Phinisi Point, Jalan Metro Tanjung Bunga, Kota Makassar.

Sulsel Great Sale ini telah memasuki tahun ke-empat pelaksanaannya. Event ini menghadirkan sebanyak 60 tenant UMKM yang terdiri dari 40 tenant makanan dan 20 tenant pakaian (fashion).

Pada event ke-empat ini, Sulsel Great Sale menggandeng perusahaan pengolahan limbah makanan yakni PT Lumbung Limbah Perkasa (Reco).

Reco juga menyiapkan program tukar sampah berhadiah. Dimana, pengunjung Sulsel Great Sale dapat menukarkan sampah plastik sebanyak lima barang berhak mendapatkan voucher makan sebesar Rp50 ribu, tumbler dan totebag. Dengan jenis sampah yang diterima adalah botol plastik, gelas air mineral plastik dan kantong plastik.

Pada event Sulsel Great Sulsel ini juga menghadirkan kegiatan-kegiatan menarik mulai dari Fun Activities, K-Pop Dance Kompetisi, Make-up Kompetensi, Model Kompetensi, Talent Show, Fashion Show, Hand Crafting, dan Fun Cat Kompetensi. Bahkan akan ada Talkshow dari Reco dengan topik mengolah sampah dengan baik.

Owner LV Project Alvina Margareta mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk mendukung dan membangkitkan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kota Makassar. Oleh karena itu, mayoritas tenant yang berpartisipasi berasal dari Kota Makassar.

"Makanya kami lebih banyak melibatkan pelaku-pelaku UMKM lokal di Makassar. Meskipun memang masih ada beberapa dari luar daerah, seperti ada dari Kota Medan, Bali, dan Jakarta," ujar Alvina, Rabu (8/11).

Alvina juga mengatakan kerjasama dengan Reco menjadi langkah positif untuk mengatasi permasalahan sampah karena UMKM seringkali menghasilkan limbah yang signifikan.

Pada event ini juga, kata Alvina, Reco akan memberikan edukasi mengenai pengelolaan sampah yang baik, dengan harapan bahwa para UMKM ini dapat menjadi suplier sampah untuk Reco di masa depan.

"Nantinya juga para UMKM ini bisa menjadi suplayer sampah di Reco," terang Alvina.

Sementara itu, Staf Reco Khadijah mengungkapkan kegiatan Sulsel Great Sale ini sampah yang dikumpulkan oleh pengunjung melalui titik-titik tempat sampah yang disiapkan akan disumbangkan di Bank Sampah Makassar.

Ketua Badan Promosi Sulsel Andry S. Arief Bulu mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya, dengan kegiatan yang telah berjalan delama empat tahun secara berturut-turut tentunya menjadi bukti bahwa kegiatan tersebut berhasil.

"Ini adalah kegiatan yang luar biasa yang harus kita dukung, apalagi semakin tahun semakin baik. Buktinya bisa bertahan 4 tahun berturut-turut," kata Andry.

Menurutnya, lewat Sulsel Great Sale ini akan menjadi wadah bagi pelaku UMKM dalam meningkatkan dan mengembangkan pasarnya, termasuk menjadikan keberadaannya semakin baik pasca pandemi Covid-19.

"Apalagi pengunjung event ini dari tahun-tahun banyak, tahun lalu saja berhasil mencapai 11 ribu pengunjung. Kita harap tahun ini bisa meningkat, atau minimal bertahan diangka yang sama," tegas Andry. (Shasa/B)

  • Bagikan