Silaturahmi Yes, Kampanye No

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulsel memberi warning panitia pelaksana jalan sehat yang akan dihadiri calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) agar tidak berkampanye.

Diketahui, akhir pekan ini Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka menghadiri Jalan Sehat Satu Putaran yang berlangsung, Sabtu (25/11/2023) di Makassar. Sedangkan Ganjar-Mahfud Md akan jalan santai bersama milenial yang diadakan Genzi Sulsel, Minggu (26/11/2023).

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulsel, Mardiana Rusli menegaskan, undangan sosialisasi, kegiatan konsolidasi, pertemuan tokoh Sulsel hendaknya tidak bermuatan kampanye sebelum jadwal kampanye yang ditetapkan oleh KPU, 28 November.

Mardiana mengimbau seluruh pendukung dan tim sukses capres dan cawapres untuk menahan diri tidak melakukan kampanye pada saat kunjungan ke Sulawesi Selatan. "Karena belum jadwal kampanye, maka capres dan cawapres harus taat aturan, tidak berkampanye," tegas Mardiana, Jum'at (24/11/2023).

Ia mengatakan, para pendukung hendaknya memperhatikan muatan materi, kalimat dan/atau tanda gambar alat peraga sosialisasi di lokasi yang akan dihadiri oleh Capres dan Cawapres. "Tidak memuat unsur ajakan memilih, seperti, coblos nomor urut, simbol/gambar paku dan/atau materi muatan lain yang mengandung unsur ajakan untuk memilih," jelasnya.

Selain itu, kata Mardiana, hal-hal yang dilarang dalam Pasal 280 UU 7 tahun 2017 tentang Pemilu juga PKPU 15 tahun 2023 tentang Kampanye menjadi perhatian bagi pelaksana kegiatan. Diantaranya melibatkan ASN, kepala desa dan direksi, komisaris, dewan pengawas dan karyawan BUMN/BUMD.
"Jangan sampai mereka mengampanyekan jelang kedatangan dan pada saat kehadiran capres dan cawapres. Mereka tetap netral," ujarnya.

Untuk memaksimalkan pengawasan dengan kehadiran para capres dan cawapres, Bawaslu Sulsel bersama Bawaslu Kota Makassar akan menurunkan pasukan patroli pengawasan di seputar lokasi kegiatan.

Untuk mencegah terjadinya pelanggaran, Bawaslu Sulsel melakukan sosialisasi dengan mengundang LO Partai dan melayangkan surat imbauan ke partai politik pendukung capres dan cawapres.
Sementara itu, Ketua Bawaslu Makassar Dede Arwinsyah memastikan mengawasi ketat pelaksanaan jalan sehat di Makassar akhir pekan ini.

"Terkait kegiatan jalan sehat calon presiden dan calon wakil presiden yang akan digelar di Kota Makassar maka Bawaslu Kota Makassar telah mengirimkan imbauan kepada para panitia kegiatan untuk sama-sama menjunjung dan menjaga suasana Makassar agar tidak ada pelanggaran pemilu yang terjadi," ujar Dede Arwinsyah.

Dede berharap kegiatan jalan sehat yang dihadiri capres dan cawapres di Makassar tidak mengandung unsur kampanye karena belum waktunya. Dia pun meminta semua pihak untuk taat pada aturan.

"Selain itu agar supaya semua pihak untuk tidak melakukan kampanye sebelum batas waktu yang ditentukan dan tidak melibatkan pihak-pihak yang dilarang," ujar Dede.

Dede mengaku akan mengerahkan Panwaslu Kecamatan (Panwascam) untuk mengawasi pelaksanaan jalan sehat melibatkan capres-cawapres di Makassar. Bawaslu berharap agar panitia dan peserta jalan sehat menaati aturan yang berlaku.

"Bawaslu Kota Makassar juga akan mengerahkan panwaslu kecamatan untuk melakukan pengawasan di pelaksanaan acara tersebut. Saya berharap mudah-mudahan seluruh panitia untuk senantiasa menaati aturan yang berlaku," ujar Dede.

Ganjar dan Gibran Adu Kuat Massa

Calon Presiden Ganjar Pranowo dan calon Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka akan berkunjung ke Makassar pada 24-26 November 2023. Ganjar akan menghadiri Jalan Sehat Perjuangan pada Minggu (26/11), sedangkan Gibran akan menghadiri Jalan Sehat Satu Putaran pada Sabtu (25/11/2023). Kegiatan itu tentunya akan menjadi adu kekuatan massa antar keduanya.

Panitia Jalan Sehat Satu Putaran menargetkan 500 ribu peserta dan menyiapkan hadiah menarik, seperti rumah, mobil, dan umrah dengan total nilai hadiah Rp2 miliar. "Acara ini dihadiri oleh Gibran Rakabuming dan bertabur hadiah. Nilainya mencapai Rp2 miliar," ujar CEO AAS Community Andi Amar Ma'ruf Sulaiman bertindak sebagai penyelenggara.

Amar Ma'ruf menjelaskan, jumlah total hadiah sebanyak 222 unit. Angka dua punya banyak makna. Pertama dua adalah nomor urut pasangan capres Prabowo-Gibran. Kedua, nomor urut dua adalah nomor urut Partai Gerindra.

Ketiga nomor urut dua adalah nomor urut Andi Amar Ma'ruf Sulaiman sebagai caleg DPR RI Dapil Sulsel II Partai Gerindra.

Adapun hadiahnya antara lain 2 unit rumah, 2 unit mobil, 22 paket umrah, 22 unit motor, 22 unit laptop, 22 unit kulkas, 22 unit tv, 22 unit hp, 22 unit dispenser, 22 unit rice cooker, 20 hadiah hiburan.
Hadiah-hadiah tersebut berasal dari penyelenggara. "Itu dari kami sendiri, relawan dan keluarga besar pendukung Mas Gibran yang menyediakan," kata Amar.

Adapun warna atau dresscode peserta jalan sehat satu putaran adalah putih. Peserta diharapkan mengenakan kaos atau baju putih.

Untuk pendaftaran dapat dilakukan secara online melalui tautan jssatuputaran2km.id. Panitia meminta para peserta tidak membawa anak di bawah umur 10 tahun.

Pemenang doorprize akan diumumkan di media massa dan batas pengambilan hadiah tanggal 30 November 2023. Syarat pengambilan hadiah : bukti pendaftaran, KK dan NIK, foto diri saat acara. Tempat pengambilan hadiah di Gedung AAS Building Lt. 3.

Sementara itu, Tim Pemenangan Daerah (TPD) Sulsel Ganjar-Mahfud mengajak masyarakat untuk meramaikan Jalan Santai Perjuangan. Agenda ini akan dihadiri Ganjar Pranowo dan Mahfud MD di Jl Jenderal Sudirman, Minggu (26/11/2023).

Ketua TPD Sulsel Ganjar-Mahfud Udin Shaputra Malik mengatakan, penyelenggara kegiatan, Komunitas Genzi Sulsel, menyiapkan beragam undian. Antara lain 3 unit rumah, 2 mobil, 30 ibadah umrah, 10 motor, 3 ziarah Nasrani di Yerusalem, hingga 2 ziarah budha di Thailand.

Berbeda dengan agenda jalan santai pada umumnya, bagi-bagi undian tetap akan dilakukan setelah agenda jalan santai perjuangan berakhir. Karena itu, masyarakat yang ikut agenda ini perlu menyimpan bukti kupon undiannya.

Rencananya, pengocokan kupon undian dilakukan tiap hari Rabu. Beragam hadiah menarik disiapkan kata menantu Wali Kota Makassar Danny Pomanto ini.

"Jalan sehat ini akan sustain (berkelanjutan), yang mendaftar akan diundi setiap minggu tiap hari Rabu selama 10 minggu, jadi kalau tidak dapat undian di hari H nanti akan diundi tiap hari Rabu," jelasnya.

Selain jalan santai, agenda ini sekaligus dirangkaikan dengan aksi solidaritas untuk Palestina. Para peserta jalan sehat akan memberikan dukungan dengan memanjatkan doa agar krisis kemanusiaan yang terjadi di Palestina segara berakhir.

Doa akan dipimpin langsung oleh calon wakil presiden nomor urut 3, Mahfud MD. Sementara Ganjar akan memberikan sambutan dan pengarahan sebagai salah satu figur yang dianggap punya kepedulian tinggi terhadap nasib warga Palestina.

Kata Udin, kedatangan Ganjar kali ini karena diundang oleh Komunitas Genzi Sulsel. Hadirnya Ganjar-Mahfud memenuhi undangan tersebut menunjukkan bahwa masyarakat menyambut baik kedua figur ini.

"Ganjar datang ke Makassar sebenarnya bukan agenda TPD tapi undangan dari masyarakat, ini menunjukkan bahwa animo masyarakat tinggi dan menyambut baik Ganjar Mahfud," katanya. (Fahrullah-Yadi/C)

  • Bagikan