TQ Dorong Peran Pemerintah Kembangkan UMKM Berbasis Masjid

  • Bagikan

PAREPARE, RAKYATSULSEL- Wakil Ketua Kadin Bidang UMKM Sulawesi Selatan, DR.H.Taqyuddin Djabbar, S.Sos, MM menjadi salah satu pemateri pada Workshop UMKM berbasis Masjid yang digelar Pengurus Daerah (PD) Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Parepare.

Workshop tersebut dibuka oleh Pj Walikota Parepare Dr Akbar Ali, yang menghadirkan pemateri lainnya yakni Pimpinan Bank Sulselbar Kota Parepare, Hazjul, yang digelar di Auditorium BJ Habibie, Rabu (29/11/2023).

Taqyuddin Djabbar Wakil Ketua Kadin Bidang UMKM Sulawesi Selatan menyebut, bahwa muara UMKM berbasis masjid itu, bagaimana masyarakat mampu memakmurkan masjid.

Memakmurkan masjid kata dia, juga dapat dilihat dari segi kebersihan, kenyamanan jamaah dan kondisi lokasi area masjid untuk pengembangan UMKM berbasis masjid.

"Dewan Masjid harus berkepentingan untuk melihat sistuasi ini. Karena tidak semua masjid memiliki area yang memungkinkan untuk pengembangan UMKM serta mampu menunjang kenyamanan jamaah. Jadi hanya ada beberapa masjid yang memungkinkan untuk hal itu, " tandas Taqyuddin.

"Olehnya itu, pengurus masjid setempat harus melihat seperti apa peluang untuk memakmurkan masjid sekaligus pengembangan UMKM berbasis masjid, "sambungnya.

Lanjut TQ sapaan akrabnya, untuk mengembangkan UMKM, dibutuhkan peran pemerintah terkait meningkatkan perputaran perekonomian dengan proaktif menemukan investasi-investasi yang tepat.

" investasi itu bisa menunjang umkm yang ada diparepare seperti harus ada hotel berbintang lima di parepare, "pungkasnya.

Secara rasio kata TQ, penduduk di Kota Parepare profesinya sebagian besar sebagai pelaku UMKM. Maka tidak ada cara lain kecuali mengembangkan UMKM.(Yanti)

  • Bagikan