Kapolres Tator Bersama Dandim 1414 Tator Kompak Ikut Menari Tarian Ma’bugi

  • Bagikan
Kapolres Tana Toraja (Tator), AKBP Malpa Malacoppo bersama dengan Dandim 1414/Tator, Letkol Arm Bani K. Sepang, tampak kompak ikut menari dalam tarian Ma'bugi dalam puncak perayaan lovely Desember 2023.

Ditambahkan Malpa Malacoppo bahwa tarian Ma'bugi dilakukan dengan cara berpegangan tangan satu dengan yang lain sambil bergoyang, sebagai simbol bagi orang Toraja bahwa kebersamaan dalam menghadapi segala hal dapat terselesaikan dengan mudah. 

"Atas nama keluarga besar Polres Tana Toraja kami mengucapkan selamat hari natal dan tahun baru semoga kegiatan lovely desember dapat berjalan aman tertib dan lebih meriah "  kunci Malpa Malacopo. 

Terpisah, menurut salah satu tokoh adat Tana Toraja, Sismay Eliata Tulung Allo atau yang akrab disapa Pong Era mengungkapkan bahwa Tarian Ma'bugi bagi masyarakat Toraja itu melambangkan atau sebagai bentuk rasa syukur masyarakat.

Tarian ini biasanya dibawakan pada acara mangrara banua (acara syukuran), seperti peresmian rumah adat Toraja (Tongkonan) atau peresmian rumah baru.

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari tradisi masyarakat yang berawal dari kepercayaan suku Toraja jaman dulu yakni kepercayaan Alu'todolo, walaupun penganut kepercayaan ini hampir punah tetapi beberapa tradisi mereka masih dipertahankan sampai sekarang. (Cherly)

  • Bagikan