Gandeng Telkomsel, Perpustakaan Keliling di Makassar Bakal Dilengkapi Wifi Internet Mobile

  • Bagikan
PERPUSTAKAAN KELILING. Dinas Perpustakaan Kota Makassar menghadirkan inovasi pada mobil perpustakaan keliling yang dilengkapi dengan fasilitas Wifi Internet Mobile sebanyak tiga unit di tahun 2024.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Dinas Perpustakaan Kota Makassar menghadirkan inovasi pada mobil perpustakaan keliling yang dilengkapi dengan fasilitas Wifi Internet Mobile sebanyak tiga unit di tahun 2024.

Dalam menghadirkan fasilitas tersebut, Dinas Perpustakaan Kota Makassar bekerjasama dengan Telkomsel.

Kepala Dinas Perpustakaan Kota Makassar, Andi Pattiware mengatakan hadirnya fasilitas tersebut untuk menunjang kebutuhan para pembaca tak hanya dapat menikmati buku fisik tetapi juga bisa akses internet untuk membaca buku digital.

Terlebih lagi, dapat membaca buku dongeng secara online yakni Dengkelor secara gratis.

Apalagi, angka Tingkat Gemar Membaca (TGM) Kota Makassar berdasarkan laporan Kajian Kegemaran Membaca Masyarakat Indonesia oleh Perpustakaan Nasional RI pada tahun 2023 lalu, melaju pesat dan menduduki peringkat 4 nasional dari seluruh kabupaten/ kota di Indonesia.

Maka dari itu, Andi Pattiware mengapresiasi dan berterima kasih atas dukungan Telkomsel dalam mencerdaskan kehidupan masyarakat kota Makassar yang saat ini berada di era digitalisasi.

"Melalui perpaduan teknologi dan literatur dalam Mobil Perpustakaan Keliling, kami berharap dapat menjangkau lebih banyak masyarakat, khususnya generasi muda. Tujuan kami tidak hanya menyediakan akses ke sumber pengetahuan, tetapi juga untuk menumbuhkan kebiasaan membaca serta memperkaya pengalaman belajar," ucap Andi Patiware, Kamis (25/1/2024).

Sementara itu, Manager Mobile GTM Operation Telkomsel Regional Sulawesi, Agung Paty Lupinto mengungkapkan jika pihaknya terus berupaya mensupport program perpustakaan.

Menurutnya, misi perpustakaan sangat mulia, yakni mencerdaskan kehidupan bangsa dan misi itu sejalan dengan tujuan yang ingin dicapai Telkomsel

"Kami tidak hanya berfokus di sellering atau penjualan saja, tetapi juga melakukan edukasi agar masyarakat semakin cerdas, mudah mengakses informasi dan ilmu pengetahuan serta mendorong tumbuhnya kegemaran membaca. Kolaborasi dengan Dinas Perpustakaan akan mempercepat akselerasi dan berkesinambungannya program literasi di Kota Makassar," ungkap Ito, sapaan akrabnya.

Hal serupa turut disampaikan oleh Manager Digital Lifestyle Sales Support Telkomsel Area Pamasuka, Magdalena Irawati Ovi.

Kata Ovi, Selain penyediaan internet di Mobil Perpustakaan Keliling, Telkomsel juga akan melanjutkan penambahan unit Gade-Gade Pustaka: Mini Pustaka Mart (MPM).

Unit MPM yang telah menjadi inovasi terbaik Kota Makassar pada tahun 2022 ini akan ditempatkan di ruang publik seperti Pantai Losari.

"Ada tiga rencana kolaborasi yang akan dijalin antara Dinas Perpustakaan dan Telkomsel yakni layanan internet di Perpustakaan Keliling, melanjutkan penambahan Unit Gade-Gade Pustaka: Mini Pustaka Mart (MPM) untuk mendekatkan layanan perpustakaan dan layanan Telkomsel, serta pemberdayaan tenaga perpustakaan di Perpustakaan Sekolah dalam peningkatan layanan perpustakaan," jelas Ovi. (Shasa/B)

  • Bagikan