Kemunculan Tiga Ekor Buaya dan Puluhan Telurnya di Dekat Pemukiman Antang Gegerkan Warga

  • Bagikan
Lokasi penemuan buaya dan telur buaya

MAKASSAR, RAKYATSULSEL -- Kemunculan buaya di sekitar pemukiman warga Antang, Kecamatan Manggala, Kota Makassar, membuat penduduk geger. Menurut informasi, buaya yang muncul sebanyak tiga ekor dan berukuran kurang lebih dua meter lebih.

Tak hanya menampakkan wujudnya, buaya tersebut juga bersarang dan bertelur di semak belukar dekat anak sungai yang tak jauh dari pemukiman warga, tepatnya di Lorong 4, Jalan Bukit Batu, Kelurahan Antang, Kecamatan Manggala.

Pantauan di lokasi, Rabu (21/2/2024) sekira pukul 15.00 Wita, sejumlah warga memadati anak sungai tembusan Sungai Tello tersebut. Mereka menunggu buaya itu muncul dipermukaan air untuk diabadikan.

Menurut keterangan salah seorang warga bernama Nengsi (30), buaya tersebut sebenarnya telah kelihatan sejak dua pekan lalu di belakang rumahnya. Tepatnya di sekitar anak sungai yang tembus ke Sungai Tello itu.

“Sudah dua Minggu (kelihatan), pas waktu naik air, waktu hujan deras, disitu mi mulai muncul,” tutur Nengsi.

Saat di lokasi, seekor buaya sempat muncul dari dalam permukaan air. Warga yang telah berjejer di sekitar bantaran sungai geger sambil mengabdikannya.

"Itu di sana, muncul lagi satu, itu kepalanya. Tiga (ekor) sebenarnya biasa muncul,” kata Nengsi.

Meskipun buaya tersebut tidak masuk ke pemukiman warga, namun mereka berharap agar pihak berwenang segera menangkap buaya tersebut.

Mengingat saat ini masih dalam suasana musim penghujan. Dimana air kerap meluap hingga masuk ke pemukiman warga.

"Tidak menganggu ji ini buaya, tapi takut Ki kalau naik air karena bisa sampai di sini (pemukiman). Belum lagi anak-anak suka cari ikan di situ sungai," harapnya.

Lebih jauh, Nengsi menuturkan, pagi tadi ada sejumlah petugas dari Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Makassar mendatangi lokasi dan mengevakuasi telur buaya tersebut kurang lebih 40 butir.

"Tadi ada petugas Damkar datang ambil itu telurnya buaya, dia bawa semua pergi," pungkasnya. (Isak/B).

  • Bagikan