Dukung Makassar Low Carbon, SMP 6 Makassar Terapkan Penggunaan Panel Surya Berkapasitas 90 Ribu Watt

  • Bagikan
SMP 6 Makassar

"Sehingga dengan adanya panel surya ini, bisa kita lebih aman dari kebutuhan listrik kita yang kadang mati," terang Munir. 

Ia menuturkan panel surya yang ada di SMPN 6 Makassar sebanyam 18  unit panel surya dengan masing-masing berkapasitas 5 ribu watt. 

Meski begitu, kata dia, waat yang dihasilkan tergantung dari sinar matahari yang didapatkan pada hari itu. Kalau mendung dapat berkurang dan sebaliknya kalau sangat cerah bisa melebihi 5 ribu watt. 

Ia melanjutkan 18 unit panel surya tersebut dapat mengcover 20 unit komputer, lampu, dan 4 unit air conditioner (AC). 

"Jadi itu sangat bagus untuk kita kembangkan karena bisa menjadi pendamping untuk PLN. Bahkan sebenarnya untuk sekolah-sekolah yang kecil penggunaan listriknya bisa itu yang di pakai," terang Munir. 

Selain menjadi ramah lingkungan, penerapan penggunaan panel surya ini diharapkan  dapat menekan biaya operasional SMP 6 Makassar. Di mana, untuk biaya operasional listrik sekitar Rp14 - Rp15 juta per bulannya. 

" Jadi kita berharap mudah mudahan dengan adanya penggunaan solar cell ini bisa mengurangi penganggaran kita di listrik yang memang terasa agak besar," tutup Munir. (Shasa/B)

  • Bagikan