Prerogatif Prabowo: Penentuan Susunan Kabinet Baru

  • Bagikan
Anggota Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Budiman Sudjatmiko

Selain itu, Budiman menambahkan, akan terdapat pula penguatan program geopolitik yang akan menjadi ciri khas Prabowo dalam pemerintahan 5 tahun ke depan, terutama terkait strategi turunan dari prinsip politik bebas aktif.

“Apakah nanti akan membangun multikulturalisme, bagaimana menjaga keseimbangan dan perdamaian dunia, serta menguraikan ketegangan minimal di Indo-Pasifik. Itu akan jadi kekuatan Pak Prabowo,” ucap Budiman.

Sebelumnya, calon wakil presiden terpilih Pilpres 2024, Gibran Rakabuming Raka, mengatakan bahwa Prabowo akan menentukan susunan kabinet pemerintahannya, sementara Presiden ke-7 RI, Joko Widodo, akan memberi masukan. “Pak Prabowo yang akan menentukan, ya. Mungkin (Presiden Jokowi memberi) masukan, tetapi penentuannya di Pak Prabowo, ya,” ucap Gibran saat ditemui usai menghadiri silaturahim dan buka puasa bersama di Kuningan, Jakarta, Senin (25/3).

Meski susunan kabinet ditentukan Prabowo, Gibran mengaku juga akan dilibatkan dalam pembicaraan menggodok pemerintahan selanjutnya. “Pasti (dilibatkan). Sudah lama dari kemarin-kemarin. Sudah dibicarakan dari kemarin-kemarin,” tambahnya.

  • Bagikan