Penderita Ambeien Harus Menghindari 5 Jenis Makanan Ini!

  • Bagikan
ilustrasi penderita ambeien.

Ketika produk susu dikonsumsi, beberapa reaksi kimia dapat memperburuk kambuhnya ambeien yang sudah ada atau menimbulkan kambuhnya ambeien baru.

Jika anda didiagnosis menderita intoleransi laktosa, hindari semua produk susu setidaknya selama dua minggu setelah gejala anda mereda.

  1. Tepung Putih

Tepung putih adalah makanan olahan dan harus dihindari saat mencoba menghindari makanan pemicu ambeien. Ini sangat tinggi karbohidrat, yang dapat menyebabkan diare dan sembelit, dua penyebab umum timbulnya ambeien.

Tepung putih juga mengandung gluten, yang dapat menyebabkan peradangan pada penderita penyakit celiac. Jika anda mencari alternatif resep kue yang lebih sehat, cobalah mengganti tepung putih dengan tepung gandum utuh atau alternatif lain seperti tepung buncis atau almond.

  1. Makanan pedas

Makanan pedas bisa berdampak buruk bagi ambeien anda karena menyebabkan iritasi. Dalam beberapa kasus, rasa pedas bisa memicu serangan gejala ambeien dan memperburuknya.

Makanan pedas juga dapat memperparah gejala tukak lambung atau usus yang dapat menyebabkan pendarahan.

Jika anda menderita sembelit yang berhubungan dengan ambeien, makanan pedas dapat memperburuk masalah karena menyebabkan kontraksi otot di usus yang dapat menghambat pergerakan usus.

  • Bagikan