Mood Swing? Simak 8 Makanan Sehat Ini untuk Meningkatkan Suasana Hatimu

  • Bagikan
Ilustrasi cokelat hitam.

4. Oat

    Oat adalah sumber serat yang sangat baik. Serat membantu memperlambat pencernaan karbohidrat, memungkinkan pelepasan gula secara bertahap ke dalam aliran darah untuk menjaga tingkat energi tetap stabil.

    Dalam sebuah penelitian, mereka yang mengonsumsi 1,5 hingga 6 gram serat saat sarapan melaporkan bahwa suasana hati dan tingkat energi mereka lebih baik.

    Hal ini disebabkan oleh kadar gula darah yang lebih stabil, yang penting untuk mengendalikan perubahan suasana hati dan perasaan mudah tersinggung.

    5. Buah beri

      Buah beri mengandung berbagai macam antioksidan dan senyawa fenolik yang memainkan peran penting dalam memerangi stres oksidatif.

      Mereka sangat tinggi antosianin, pigmen yang memberi warna ungu biru pada buah beri tertentu. Sebuah penelitian mengaitkan pola makan kaya antosianin dengan risiko gejala depresi 39% lebih rendah.

      6. Kacang-kacangan dan biji-bijian

        Kacang-kacangan dan biji-bijian kaya akan protein nabati, lemak sehat, dan serat. Selain itu, mereka menyediakan triptofan, asam amino yang bertanggung jawab untuk memproduksi serotonin yang meningkatkan suasana hati.

        Almond, kacang mete, kacang tanah, dan kenari, serta labu, wijen, dan biji bunga matahari, merupakan sumber yang sangat baik.

        • Bagikan