Tingkatkan Produktivitas dengan Kaizen, Teknik Sederhana Asal Jepang untuk Atasi Kemalasan!

  • Bagikan
ilustrasi.

RAKYATSULSEL – Di era modern yang serba cepat ini, rasa malas sering kali menjadi batu sandungan terbesar dalam mencapai tujuan dan kesuksesan.

Rasa malas dapat menghambat kita untuk menyelesaikan tugas, memulai proyek baru, atau bahkan sekadar berolahraga.

Namun, tahukah Anda bahwa ada teknik yang dapat membantu kita untuk mengatasi rasa malas dan meningkatkan produktivitas?

Teknik tersebut adalah Kaizen, sebuah filosofi dan praktik manajemen asal Jepang yang berfokus pada peningkatan berkelanjutan melalui langkah-langkah kecil dan bertahap.

Definisi Apa Itu Kaizen?

Menurut laman The Minds Journal, Senin (6/5), Kaizen berasal dari kata-kata Jepang kai yang berarti perubahan dan zen yang berarti kebaikan atau kebijaksanaan. Kaizen secara harfiah berarti ‘perubahan untuk kebaikan’.

Teknik ini didasarkan pada prinsip-prinsip berikut:

  • Mulai dari yang kecil: Alih-alih mencoba menyelesaikan tugas besar sekaligus, Kaizen mendorong kita untuk memecahnya menjadi langkah-langkah kecil dan mudah dikelola.
  • Konsisten: Kunci utama Kaizen adalah konsistensi. Lakukan langkah-langkah kecil ini secara konsisten setiap hari, dan Anda akan melihat kemajuan yang signifikan dari waktu ke waktu.
  • Bagikan