Gerakan Blockout 2024 Lagi Viral, Artis yang Tak Peduli dengan Palestina Diblokir Netizen

  • Bagikan

RAKYATSULSEL - Sebuah gerakan yang dikenal sebagai "Blockout 2024" tengah mendapat sorotan di media sosial. Gerakan ini mengajak pengguna untuk memblokir akun selebriti yang tidak bersuara mengenai krisis kemanusiaan di Gaza.

Banyak orang di seluruh dunia merasa frustrasi karena selebriti tidak menyadari atau tidak memanfaatkan pengaruh mereka untuk menarik perhatian terhadap situasi di Gaza.

Seorang pengguna TikTok yang mendukung gerakan ini menyatakan bahwa tujuannya adalah untuk "menghentikan aliran pendapatan dan popularitas tertentu" dari selebriti tersebut.

Pengguna media sosial yang terorganisir membagikan daftar selebriti yang harus diblokir, menyebabkan sejumlah tokoh masyarakat kehilangan banyak pengikut di Instagram dan platform lainnya, menurut Social Blade, situs analisis media sosial yang berbasis di AS.

Di antara selebriti yang kehilangan pengikut adalah penyanyi dan aktris Selena Gomez, penyanyi dan aktris Zendaya, pemengaruh media sosial Kim Kardashian dan adiknya Kylie Jenner, yang kehilangan ratusan ribu bahkan jutaan pengikut di Instagram dan X.

Penyanyi Beyonce dan Rihanna, serta pencipta lagu dan penyanyi Billie Eilish, juga kehilangan 1,1 juta pengikut di Instagram.

Gerakan ini dipicu oleh video TikTok dari pemengaruh Haley Kalil di Met Gala pada 7 Mei, di mana dia melakukan sinkronisasi bibir dengan kalimat "Biarkan mereka makan kue."

Ungkapan ini merujuk pada Revolusi Perancis ketika ketidakpedulian Ratu Marie Antoinette terhadap penderitaan rakyat miskin menjadi simbolis.

  • Bagikan