LPDP dan BRIN Sosialisasikan Program Beasiswa Riset di Unhas

  • Bagikan
Sosialisasi Program Manajemen Talenta dan Beasiswa Doktor Talenta Riset dan Inovasi Nasional kepada sivitas akademika Universitas Hasanuddin (Unhas) di Baruga Baharuddin Lopa, Fakultas Hukum, Unhas Makassar, Jumat (21/6/2024).

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) mensosialisasikan Program Manajemen Talenta dan Beasiswa Doktor Talenta Riset dan Inovasi Nasional kepada sivitas akademika Universitas Hasanuddin (Unhas) di Baruga Baharuddin Lopa, Fakultas Hukum, Unhas Makassar, Jumat (21/6/2024).

Hadir sebagai narasumber Deputi Bidang Sumber Daya Manusia Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Edy Giri Rachman Putra, Ph.D., Koordinator Fungsi Peningkatan Kualifikasi Talenta Riset dan Inovasi Febri Susana Rosa, S.E., M.M., dan Pelaksana Fungsi Peningkatan Kualifikasi Talenta Riset dan Inovasi, Frida Nurmasari.

Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia, Alumni, dan Sistem Informasi Prof. Dr. Farida Patittingi, S.H., M.H., saat membuka acara, menyampaikan apresiasi terhadap program inovatif yang dihadirkan oleh BRIN sebagai upaya nyata dalam mendukung peningkatan kapasitas masyarakat, termasuk mahasiswa dan dosen.

"Program Manajemen Talenta ini merupakan langkah strategis melahirkan inovator-inovator yang mampu bersaing di tingkat global. Unhas sangat antusias untuk terlibat dalam program peningkatan kapasitas sivitas akademika dan siap berkolaborasi dalam program ini," jelas Prof. Farida.

Pada kesempatan itu, Farida, yang juga mantan Dekan Fakultas Hukum Unhas, menjelaskan pencapaian yang telah diraih Unhas, termasuk pengembangan riset yang dilakukan oleh para peneliti di Unhas.

"Kami berharap para peserta, yang berasal dari dosen, alumni, maupun mahasiswa, bisa terlibat dalam program inovatif dan beasiswa yang dihadirkan oleh BRIN bekerja sama dengan LPDP," harapnya.

Sementara itu, Edy Giri Rachman Putra dalam sambutannya yang bertajuk "Kebijakan Penguatan Kapasitas SDM Iptek Nasional Menuju Indonesia Emas 2045" mengatakan bahwa Manajemen Talenta Nasional merupakan rangkaian upaya terstruktur dan berkelanjutan dalam menghasilkan talenta melalui pendekatan makro yang berfokus pada sistem ekonomi pendukung di tingkat negara serta pendekatan mikro yang berfokus pada sinergi dan keberlanjutan hingga penguatan ketalentaan.

"Bidang fokusnya terdiri dari riset dan inovasi, seni dan budaya, hingga olahraga. Untuk memaksimalkan ini, kami bekerja sama dengan LPDP melalui program beasiswa doktor untuk talenta riset nasional," jelas Edy Giri.

"Dengan cakupan pemanfaatan biodiversitas lanjut, kemaritiman dan laut dalam, nuklir dan teknologi radiasi, hingga teknologi satelit dan avionic," tambah Edy Giri. (Yadi/A)

  • Bagikan