Tinjau Program Pompanisasi, Pj Bupati Bantaeng Sambut Kunjungan Presiden RI dan Mentan

  • Bagikan
Suasana kunjungan Presiden RI, Joko Widodo dan Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman di Desa Layoa, Kecamatan Gantarangkeke.

BANTAENG, RAKYATSULSEL - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) tiba di Kabupaten Bantaeng bersama Ibu Negara, Iriana Joko Widodo. Orang nomor satu di Indonesia ini berangkat dari Kabupaten Bulukumba dan langsung menuju Desa Layoa, Kecamatan Gantarangkeke, Bantaeng.

Jokowi disambut langsung Pj Bupati Bantaeng, Andi Abubakar didampingi Pj Ketua TP PKK Bantaeng, Andi Raodhayanti, bersama Pj Gubernur Sulsel, Zudan Arif Fakrulloh, dan para unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Bantaeng, Jum'at (5/7).

Pada kesempatan itu, Presiden RI Jokowi didampingi Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman melakukan peninjauan program pompanisasi untuk persawahan seluas kurang lebih 500 hektare.

Kepala Desa Layoa, Andi Sufriadi menyebut bantuan pompa air untuk persawahan ini sangat membantu para petani dan masyarakat karena dapat dilakukan dua kali panen dalam satu tahun yang sebelumnya hanya satu kali saja.

Dalam sesi wawancara, Presiden Jokowi mengataman bersyukur program bantuan pompanisasi yang diberikan oleh Kementerian Pertanian dapat meningkatkan produktifitas petani. 

"Hal ini tentunya selain meningkatkan produktifitas petani juga mendukung kesejahteraan masyarakat karena menjamin ketersediaan air di musim kering," kata dia.

Pada kesempatan itu, Jokowi terlihat menyapa masyarakat sekitar yang antusias menyambut kedatangan Presiden Republik Indonesia ke-7 itu. Dia juga membagi sebanyak kurang lebih 1000 sembako kepada masyarakat.

Setelah peninjauan di Desa Layoa, Presiden RI kemudian melakukan kunjungan ke RSUD Prof Anwar Makkatutu Bantaeng untuk meninjau fasilitas pelayanan dan BPJS kesehatan. Setelah itu, Jokowi bersama rombongannya melaksanakan sholat Jum'at berjamaah di Masjid Agung Syekh Abdul Gani Bantaeng.

Kunjungan dilakukan selama dua hari di lima Kabupaten yang ada di Sulawesi Selatan. Kabupaten Bone, Sinjai, Bulukumba, Bantaeng dan Takalar. Informasi yang diterima, kunjungan ini menjadi sejarah kedua bagi Bantaeng, setelah 62 tahun Presiden RI Pertama, Soekarno pernah melakukan kunjungan di Kabupaten dengan julukan Butta Toa ini. (Jet)

  • Bagikan