Mantan Wali Kota Parepare Resmi Jadi Anggota DPR RI

  • Bagikan

JAKARTA, RAKYATSULSEL - Sebanyak 580 anggota DPR RI dan 152 anggota DPD RI terpilih hasil Pemilu Legislatif 2024 resmi dilantik untuk periode 2024-2029. Acara pelantikan tersebut berlangsung di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, tepatnya di Ruang Paripurna Gedung Nusantara, Selasa, 1 Oktober

Agenda pelantikan dimulai pukul 09.20 WIB dengan pengumuman Ketua KPU RI mengenai anggota tertua dan termuda di DPR, DPD, dan MPR.

Pimpinan sementara DPR, DPD, dan MPR akan diisi oleh anggota tertua dan termuda tersebut, sebelum dilanjutkan dengan pengucapan sumpah atau janji jabatan yang dipandu langsung oleh Ketua Mahkamah Agung.

Di antara 580 anggota DPR RI yang dilantik, satu di antaranya adalah mantan Wali Kota Parepare dua periode, Taufan Pawe.

Taufan Pawe yang juga Ketua DPD I Partai Golkar Sulsel itu memakai jas hitam yang dibalut dengan kemeja putih yang diapadu dengan dasi kuning bediri berjejeran dengan ratusan anggota DPR RI dari dapil di seluruh Indonesia ikut mengucapkan sumpah atau janji jabatan. Taufan Pawe dilantik disaksikan isteri, Erna Rasyid Taufan bersama putra dan putrinya serta kerabatnya.

Pemilu 2024, Taufan Pawe berhasil meraih suara 57.955 suara di daerah pemilihan (Dapil) Sulawesi Selatan (Sulsel) II, meliputi 9 kabupaten/kota, di antaranya, Kota Parepare, Barru, Pangkep, Maros, Sinjai, Bulukumba, Bone, Soppeng dan Wajo. Ucapan selamat kepada Taufan Pawe berdatangan dari berbagai litas elemen masyarakat, komunitas, kerabata dan keluarga.

Di beberapa kesempatan, Taufan Pawe menyatakan dirinya siap mengabdikan diri untuk kepentingan masyarakat.
Taufan pun menyampaikan rasa syukur. Dia telah melalui posisi tiga trias politika, di mana sebelumnya dia berada di posisi yudikatif sebagai pengacara selama 25 tahun, lalu berada di posisi eksekutif sebagai wali kota selama 10 tahun. "Sekarang saya diamanahkan berada di posisi legislatif. Alhamdulillah," katanya.

Taufan Pawe juga akan menunjukkan pengabdiannya sebagai kader Partai Golkar untuk bangsa dan negara. "Sebagai kader Golkar, akan saya buktikan pengabdian saya untuk rakyat dan bangsa," katanya.

  • Dari Pengacara hingga Politis

Taufan Pawe dikenal sebagai figur yang memiliki rekam jejak panjang dalam dunia politik, dengan berbagai kontribusi yang telah diberikan kepada masyarakat Sulawesi Selatan, khususnya dalam pembangunan daerah dan pelayanan publik.

Taufan Pawe adalah Wali kota Parepare dua periode pada masanya. Taufan Pawe diketahui adalah seorang politisi yang merasakan Trias Politica. Bahkan, Taufan Pawe dinilai salah satu politisi Partai Golkar yang paling paripurna.

Pasalnya, dengan dilantiknya anggota DPR RI masa jabatan 2024-2029, mantan Ketua Golkar Parepare kini berperan pada seluruh konsep negara demokrasi. Yakni, konsep Trias Politica, Yudikatif, Eksekutif, dan Legislatif.

Dengan pengalaman di Yudikatif dan Eksekutif dengan beerbagai prestasi, Taufan Pawe diyakini menjadi legislatif yang mampu mewakili dan menyuarakan aspirasi untuk kepentingan masyarakat Sulsel.

Sebelum memimpin Kota kelahiran Presiden ke-3 RI, BJ Habibie, Taufan Pawe adalah seorang pengacara. Keterpilihannya sebagai anggota DPR RI semakin menegaskan kepercayaan masyarakat terhadap eksistensi dan kepemimpinannya. (*)

  • Bagikan