Verifikasi Administrasi, KPU Makassar Temukan Ada Anggota Parpol Berprofesi TNI-Polri

  • Bagikan
Komisioner KPU Makassar, Gunawan Mashar

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Makassar telah melakukan verifikasi administrasi terhadap 38.347 anggota. Dari 24 calon partai politik yang pendaftarannya diterima KPU RI.

Komisioner KPU Makassar, Gunawan Mashar menyampaikan, ada 24 calon partai politik di Makassar menyetor keanggotaan ke KPU. Saat verifikasi, banyak keanggotaan yang memenuhi syarat, namun ada pula yang belum memenuhi syarat (BMS) dan tidak memenuhi syarat (TMS).

"Yang TMS dan BMS ini kasusnya meliputi ganda identik dalam satu partai politik (semua komponen identitasnya sama), potensi ganda (NIK nya yang sama), dan juga ganda eksternal atau punya keanggotaan di dua partai politik atau lebih," jelas Gunawan Mahsar, Selasa (23/8).

Selain itu, sambung dia, pihaknya juga mendapati anggota yang berpotensi tidak menuhi syarat lantaran berprofesi TNI, PNS, Polri dan lainnya. Juga ada yang NIK nya tidak terdaftar di Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB).

"Hal lainnya, ada beberapa yang data isian di Sipol berbeda dengan KTA dan KTP," ungkapnya.

Untuk keanggotaan yang BMS, kata mantan Ketua AJI Makassar ini akan ada masa perbaikan bagi calon parpol untuk memperbaikinya.

"Perbaikannya berupa penyesuaian data sipol dengan KTP dan KTA, juga untuk kasus tertentu mengunggah dokumen pendukung," pungkasnya. (*)

  • Bagikan