Inilah Bahan Alami Untuk Mengatasi Gigi Berlubang!

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Gigi berlubang bisa terjadi pada anak-anak maupun orang dewasa. Jika tidak segera diobati, lubang pada gigi bisa makin parah dan memengaruhi setiap lapisan gigi sampai ke akarnya.

Kamu bisa mencoba pengobatan alami sakit gigi untuk mengatasi masalah gigi berlubang dengan bahan-bahan yang tersedia di rumah.

Perawatan ini diklaim bisa memperkuat lapisan email gigi dengan membantu proses remineralisasi gigi sehingga lubang tidak bertambah parah.

Oleskan minyak cengkih

Kandungan eugenol pada minyak cengkih bermanfaat sebagai obat untuk mengatasi rasa sakit akibat gigi berlubang. Senyawa ini memiliki sifat antiseptik yang juga efektif melawan bakteri.

Sebuah studi dalam British Journal of Oral & Maxillofacial Surgery (2015) menemukan eugenol lebih efektif daripada mengurangi rasa sakit, peradangan, dan infeksi daripada zat analgesik (pereda nyeri) lainnya.

Oleskan gel lidah buaya

Kandungan senyawa antrakuinon dalam gel lidah buaya punya sifat antiradang dan membantu melawan bakteri yang menjadi penyebab gigi berlubang.

Di samping itu, gel lidah buaya tidak mengandung bahan abrasif (pengikis) sehingga tidak terlalu keras pada lapisan email gigi yang terkikis.

Kumur larutan air garam

Saat mengalami gangguan gigi dan mulut, banyak orang mencoba berkumur dengan air garam. Jadi, tak heran jika air garam ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagai obat untuk meredakan sakit akibat gigi berlubang.

Berkumur dengan air garam secara teratur dapat membantu menghilangkan bakteri dari rongga mulut, membersihkan gigi, serta mencegah penumpukan plak dan karang gigi. (GenPi/Raksul)

  • Bagikan