Bantaeng Lima Besar Terbaik Nasional STBM Berkelanjutan 2022 “Enabling Environment”

  • Bagikan
Bupati Bantaeng, Ilham Azikin menghadiri kegiatan Penghargaan Bidang Kesehatan Lingkungan dalam rangka Hari Kesehatan Nasional ke 58 yang dilaksanakan oleh Kementerian Kesehatan RI di Mercure Convention Centre Ancol, DKI Jakarta.

BANTAENG, RAKYATSULSEL - Bupati Bantaeng, Ilham Azikin menghadiri kegiatan Penghargaan Bidang Kesehatan Lingkungan dalam rangka Hari Kesehatan Nasional ke 58 yang dilaksanakan oleh Kementerian Kesehatan RI di Mercure Convention Centre Ancol, DKI Jakarta, Rabu (23/11).

Dalam kegiatan itu, dia didampingi Kepala Dinas Kesehatan Bantaeng, dr Andi Ihsan, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Iwan Setiawan, Kepala Sub Koordinator Surveilans dan Imunisasi, Hariani dan Kepala Dinas PUPR Bantaeng, Andi Syafruddin.

Selaku Ketua Panitia, Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI, dr Maxi Rein Rondonuwu mengatakan kegiatan itu merupakan bentuk apresiasi komitmen implementasi aksi setiap provinsi, kabupaten, kota, institusi, penyelenggara layanan, petugas dan masyarakat yang terus menerus mewujudkan lingkungan yang sehat.

Pemberian penghargaan bidang kesehatan lingkungan dalam rangka Hari Kesehatan Nasional 2022 meliputi Provinsi, Kabupaten, Kota yang berhasil mewujudkan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), Pelabuhan dan Bandar Udara Sehat, Rumah Sakit yang mewujudkan lingkungan yang sehat, dan Kantin yang memenuhi syarat higienitasi.

"Pelaksanaan pemberian penghargaan ini melalui proses sosialisasi, usulan pemerintah daerah, verifikasi pemerintah provinsi dan kemudian pusat dan dilakukan observasi di lapangan," kata dia.

Ada tiga provinsi yang menerima penghargaan, dan puluhan kabupaten kota. Meraih dua penghargaan sekaligus, pertama, Kabupaten Bantaeng masuk dalam lima besar nasioanl Kabupaten/Kota Tebaik Sanitasi Total Berbasis Masyarakat Berkelanjutan dengan Kategori Pemenuhan Kondisi yang Mendukung (Enabling Environment).

Kedua, Kabupaten/Kota Terbaik Stop Buang Air Besar Sembarangan (Open Defecation Free) kategori Enabling Environment pada upaya inovasi mempertahankan kondisi SBS dan pengembangan 5 pilar STBM 2022.

Kepala Dinas Kesehatan Bantaeng, dr Andi Ihsan menyampaikan hormat dan terima kasih atas arahan dan dukungan dari Bupati Bantaeng, Ilham Azikin dan jajarannya.

"Semoga penghargaan ini bisa memberi motivasi untuk kita semua dan membawa Bantaeng yang lebih baik dan sehat," kata dia.

Sementara itu, Bupati Bantaeng, Ilham Azikin mengatakan, penghargaan tersebut merupakan kado untuk seluruh Tenaga Kesehatan dan masyarakat Bantaeng di momentum Hari Kesehatan Nasional ke 58.

"Penghargaan ini kita persembahkan kepada seluruh tenaga kesehatan dan masyarakat Bantaeng di Hari Kesehatan Nasional," katanya. (Jet)

  • Bagikan