Mantap Maju Jadi Senator, Yagkin Siapkan 5.000 Dukungan KTP

  • Bagikan
Andi Yagkin Padjalangi

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Ketua bidang Politik DPD PDI Perjuangan Sulsel, Andi Yagkin Padjalangi sudah membulatkan dirinya untuk maju sebagai kandidat calon DPD RI pada Pemilu 2024 mendatang dan sudah siap untuk mendaftar ke KPU Provinsi Sulawesi Selatan.

Diketahui KPU akan membuka pendaftar bakal calon DPD pada 16-29 Desember 2022 nanti, setiap kandidat harus membawa paling sedikit 3.000 dukungan yang tersebar di 12 Kabupaten/kota.

"Saya sudah menyelesaikan pengumpulan KTP sekitar 5.000," kata Yagkin Padjalangi saat dikonfirmasi, Selasa (6/12/2022).

Untuk pendaftarnya kata dia, belum ditentukan karena sampai saat ini KPU belum membuka pendaftaran. "Tinggal cari waktu yang tepat untuk mendaftar di KPU," ucapnya.

Disinggung dari 5.000 dukungan KTP Elektronik, Yagkin lebih banyak mengumpulkan dari Kampung halamanya Kabupaten Bone. "Terbanyak dari Kabupaten Bone," jelasnya.

Untuk dukungan dari PDI Perjuangan, Mantan anggota DPRD Sulsel ini  menyebutkan partai berlambang banteng moncong putih ini sudah memiliki kader di 24 Kabupaten/Kota dan pastinya dia memberikan dukungan

"Kan kita sudah memiliki DPC dan PAC, itu gampang (mengumpulkan dukungan) Itu saja diambil setiap kabupaten/kota dan itu sudah mudah," ujarnya.

Dirinya memilih maju sebagai kandidat senator karena persaingan di DPR RI begitu besar, apalagi kader PDIP lebih minat maju sebagai anggota DPR dan tidak ada yang ingin maju sebagai kandidat DPD selain dirinya.

"Agak-agak sulit, kursi yang dibutuhkan internal palingan 1 (DPR RI) dan sangat susah untuk mendapatkan dua kursi di satu Dapil (Daerah Pemilihan). Bukan saya tidak mau maju juga sebagai Caleg DPR. Tapi saya ingin semua kader terakomodir (Jadi Caleg), " jelasnya. (Fah/B)

  • Bagikan