Pengawas Kelurahan/Desa Diharap Menjaga Integritas

  • Bagikan
Komisioner Bawaslu Sulsel, Saiful Jihad memberi arahan saat rapat koordinasi Persiapan Rekrutmen Pengawas Kelurahan Desa (PKD) di sekretariat Bawaslu Kabupaten Luwu Utara, Senin (9/1/2023)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulsel, Saiful Jihad mengingatkan kepada jajaran sekretariat Panitia Pengawas Kecamatan di Kabupaten Luwu Utara (Lutra) untuk menjaga profesionalisme dan integritas.

"Jaga profesionalisme, tentu teman-teman sudah punya informasi awal jejak rekam siapa-siapa sosok yang memiliki ilmu dan pengalaman. Kedua integritas, tetap menjalankan kewajiban walau tidak dilihat atau diawasi," ungkap Saiful Jihad saat Rapat Koordinasi Persiapan Rekrutmen Pengawas Kelurahan Desa (PKD) di sekretariat Bawaslu Kabupaten Luwu Utara, Senin (9/1/2023)

Dirinya menegaskan, terkait tahapan berjalan, agar seluruh jajaran memastikan hasil pengawasan terdokumentasi dengan baik.

"Tentu selain rekrutmen, yang paling penting adalah hasil pengawasan kita itu terdokumentasi dengan baik. Alat kerja kita form A itu didokumentasikan dengan baik," jelasnya.

Sementara, terkait pengembangan kapasitas jajaran, Ia mengatakan seluruh keterampilan jajaran akan dilakukan bimbingan teknis. Hal ini penting agar jajaran pengawas dapat melakukan deteksi dini terhadap potensi pelanggaran di daerah masing-masing.

"Masih ada ruang untuk meningkatkan keterampilan. Pun dengan deteksi dini potensi pelanggaran, kemudian kita buatkan kegiatan untuk melakukan pencegahan. Mungkin masing-masing kecamatan bisa melakukan dengan bekerja sama dengan lembaga kemasyarakatan setempat," jelasnya.

Koordinator Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Muhajir mengatakan bahwa seluruh jajaran tetap menjaga komunikasi dan koordinasi di tiap level. "Untuk memastikan kelancaran proses tahapan yang berjalan," singkatnya. (fahrullah/B)

  • Bagikan