Pemkot Makassar Mulai Gunakan Kendaraan Listrik, Nilainya Rp300 Juta

  • Bagikan
Ilustrasi. Kendaraan Listrik Mulai Digunakan Pejabat Pemkot Makassar

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar mulai menggunakan kendaraan listrik. Mobil ini berada di Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo).

Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo Makassar, Isnaniah Nurdin mengatakan, kendaraan listrik ini sudah digunakan tahun ini. Peruntukkannya untuk operasional jajaran Diskominfo Makassar.

"Sudah kita gunakan kendaraan listrik. Kalau tidak salah, Januari sudah ada di Diskominfo," ungkap Isnaniah Nurdin, Sabtu (11/3).

Kata Innang--sapaan akrabnya, mobil dinas tersebut berjenis Wuling Air EV type Long range. Informasi yang diperoleh mobil ini dijual berkisar Rp300 jutaan lebih untuk tipe yang tertinggi.

"Jenis kendaraan listrik yg digunakan di Diskominfo adalah jenis peruntukannya digunakan untuk Operasional pada kantor Diskominfo," katanya.

Dia menjelaskan teknologi kendaraan itu seperti pengisian baterai cepat (fast charging). Dimana dari nol sampai 100 persen hanya butuh waktu 4 jam, dengan jarak tempuh mencapai 300 kilometer.

Untuk ketahanan battery sudah standar IP67 jadi lebih aman digunakan di area banjir di banding mobil konvensional.

"Juga sudah dilengkapi fitur pengereman regenerative, dimana Ketika mobil dalam keaadaan kencang dan gas dilepas maka mobil akan mengisi sendiri batterynya sambil melakukan pengereman," jelasnya.

Diketahui, Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar sebelumnya menyiapkan anggaran Rp16 miliar untuk pembelian 20 unit mobil listrik pada tahun 2023 ini. Rencananya mobil tersebut akan digunakan sebagai kendaraan operasional para pimpinan pemerintahan.

  • Bagikan