Besok, KPU dan Bawaslu Umumkan 14 Besar Kandidat Calon Komisioner

  • Bagikan
Ilustrasi pengumuman (int)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Proses seleksi calon komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) hampir dirampungkan oleh Tim Seleksi (Timsel) kedua lembaga tersebut.

Sesuai jadwal, hari ini Rabu, (15/3/2023). Timsel Bawaslu akan mengumumkan 14 nama ke publik untuk kemudian disampaikan ke Bawaslu RI untuk menentukan 7 nama. Langkah ini dilakukan pasca proses seleksi dari 28 nama yang lolos tes tertulis metode Computer Assisted Test (CAT) dan tes psokolog.

Pada hari yang sama, Timsel KPU Provinsi akan mengumumkan 28 nama hasil tes CAT atau tertulis dan tes psikologi. Setelahnya, baru diumumkan 14 orang.

"Kami sudah menyelesaikan pada tahap akhir, sehingga besok (hari ini) diumumkan 14 nama untuk disampaikan ke Bawaslu RI untuk menentukan 7 nama," ungkap Ketua Timsel anggota Bawaslu Sulsel, Anno Suparno saat diwawancarai, Selasa (14/3/2023).

"Tugas kami timsel hanya menyeleksi 14 nama. Jadi, setelah diumumkan, kami akan kirim ke Bawaslu RI untuk menentukan 7 nama komisioner Bawaslu Sulsel periode 2023/2028," sambungnya.

Anno menegaskan, 14 nama yang akan diumumkan dan dikirim ke Bawaslu RI adalah murni hasil timsel berdasarkan penilaian yang telah dilakukan hampir dua bulan.

"Melalui proses dan tahapan yang panjang. Hasil akhir sesuai penilaian selama tahapan berlangsung," jelasnya.

Sedangkan, Kepala Sekretariat Bawaslu Sulsel, Jalaludin menjelaskan beberapa tahapan yang telah selesai dan sementara berlangsung.

Dimulai pembentukan timsel, penetapan Timsel 22 Desember 2022, hingga sosialisasi dilakukan pada 18 hingga 31 Januari 2023.

Kemudian masa pengumuman pendaftaran tanggal 1-9 Februari 2023, penerimaan pendaftaran 10-20 Februari 2023, hingga tes tertulis calon anggota Bawaslu, Rabu 1 Maret 2023.

"Maka tanggal 15 Maret diumumkan 14 nama. Jadi, wewenang Bawaslu RI putuskan 7 komisioner terpilih," singkatnya.

Sementara itu, Ketua Timsel KPU Sulsel, Nur Fadhilla Mappaselleng secara singkat mengatakan bahwa pihaknya akan mengumumkan 28 besar hasil seleksi dari beberapa tahapan.

"Besok (hari ini) kami umum 28 besar. Saat ini 69 ikut tes tertulis dan psikolog. Maka masuk pengumuman 28 nama nanti," tutupnya. (Suryadi/B)

  • Bagikan