Kampung Lantebung Masuk 75 Besar ADWI 2023

  • Bagikan
Lantebung. IST

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Kawasan Ekowisata Magrove Lantebung masuk dalam 75 besar Desa Wisata Terbaik dalam ajak Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2023.

ADWI merupakan ajang bergengsi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto bersyukur dan mengapresiasi kerja-kerja konsisten dari Dinas Pariwisata Kota Makassar dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait lainnya atas raihan tersebut.

"Alhamdulillah masuk 75 desa wisata dari ribuan desa wisata di Indonesia," ujar Danny--sapaan akrabnya, Minggu (26/3/2023).

Maka dari itu Danny Pomanto berkomitmen akan melakukan pembenahan-pembenahan pada kawasan magrove Lantebung. Salah satunya dibidang infrastruktur dengan penambahan jembatan untuk akses jalan ke kawasan tersebut.

"Harus didukung termasuk penambahan jembatan-jembatan. Itu termasuk dermaga perlu diperluas dan yang tidak perform lagi dikasi bagus," terang Danny.

Danny menambahkan akan memperkuat kawasan Lantebung dengan memperbanyak kegiatan lainnya. "Kita perkuat magrove nanti itu, perkaya dengan memperbanyak kegiatan," tutur Danny.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar Muhammad Roem mengatakan tidak memungkiri akses ke ekowisata magrove Lantebung memiliki kendala.

Sehingga, dibutuhkan kerjasama antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lain untuk pembangunan infrastruktur. "Memiliki banyak kendala yaitu akses jalan, itukan pariwisata tidak berdiri sendiri. Butuh infrastruktur yang ditangani oleh teman-teman OPD lain," jelas Roem.

Roem menegaskan pembenahan yang dilakukan bukan hanya karena semata-mata adanya ajang ADWI 2023 ini. Tetapi, Pemkot memang Makassar sedang melakukan pembenahan di Lantebung yang mana momennya bertepatan dengan ajang tersebut.

"Inikan ajang, kompetisi ini kan bukan sebagai dasar untuk kita memperbaiki, kalau kompetisi kita harus berbenah. Momennya ini lagi pas, kita lagi berbenah di Lantebung," jelas Roem.

Diketahui, Dinas Pariwisata kota Makassar mengusulkan dua desa wisata untuk ikut pada ajang ADWI 2023 yakni Kawasan Ekowisata Lantebung dan Pulau Lanjukkang.

Keduanya dipilih karena memiliki potensi alam yang cukup besar dan dapat mengundang wisatawan untuk berkunjung. Seperti Kampung Lantebung yang terletak di kelurahan Bira, Kecamatan Tamalanrea yang terkenal dengan ekowisata magrove.

Lalu, untuk Pulau Lanjukkang yang berada di Kecamatan Sangkarrang Kota Makassar ini dikenal dengan wisata baharinya. Dengan keindahan bawah lautnya yakni terumbu karang dan hamparan pasir putih. (sasa/B)

  • Bagikan