1.000 Mahasiswa Kebagian Mudik Gratis

  • Bagikan
MUDIK GRATIS. Tampak program mudik gratis Pemprov Sulsel saat berangkatkan 700 mahasiswa dan masyarakat umum di Kantor Gubernur Sulsel pada Jum’at (29/4/2022) silam.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan memberikan mudik gratis untuk 1000 mahasiswa yang bakal mudik lebaran tahun ini yang rencananya akan dilaksanakan pada 20 April mendatang.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sulsel Muhammad Arafah mengemukakan, untuk kuota mudik gratis tersebut masih diprioritaskan untuk mahasiswa. Karena selain membantu mereka, program ini juga berfungsi menekan jumlah kendaraan yang bakal melintas di jalur mudik saat mendekati Hari Raya Idul Fitri 1444 H.

"Itu pelaksaannnya hanya berlangsung satu hari, untuk tanggal 20 April nanti, itu berdasarkan hasil berdiskusi dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) masing-masing kampus," ungkap Arafah saat dikonfirmasi, Jumat (14/4/2023).

Ia melanjutkan, rutenya hampir sama dengan tahun sebelumnya, yaitu Kota Palopo, Kabupaten Luwu timur, Kabupaten Bulukumba, Kabupaten Selayar dan Kabupaten Bone.

Hal senada diungkapkan oleh Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman menyatakan, tahun ini masih akan direncanakan untuk melakukan program mudik gratis. Kata dia, pemberian mudik gratis itu diprioritaskan kepada para mahasiswa.

"Kita subsidi kendaraannya. Kita prioritaskan mungkin pelajar/mahasiswa yang mau balik, kita siapkan armadanya seperti tahun lalu," kata Andi Sudirman Sulaiman.

Ia menambahkan, sebelum masa mudik tiba, Pemprov akan memperhitungkan lebih dahulu berapa kebutuhan kendaraan bagi mahasiswa dan pelajar. Harapannya, ini bisa menjadi solusi mudik murah dan bisa mengurangi peluang kecelakaan lalu lintas.

”Yang paling penting sebenarnya, kami harus siapkan beberapa bus untuk mudik nanti. Supaya tidak banyak kendaraan di jalanan, terlebih banyak mahasiswa yang buru-buru pulang,” terangnya.

Presiden Mahasiswa BEM UNM, Guntur Gagairate Anwar menyebutkan, kuota untuk masing-masing univeristas itu 160 orang untuk 5 Univeristas.

Ia memaparkan untuk kouta perjalanan di masing-masing rute telah ditentukan itu dibagi berdasarkan kuota Univeritas.

"Salah satunya Rute Makassar-Siwa-Palopo 29 orang setiap universitas," sebutnya.

Ia berharap, dengan program yang diselenggrakan oleh Pemprov dapat membantu lebih banyak lagi masyarakat, apalagi di tengah kondisi ekonomi yang masih labil.

"Harapannya semoga program mudik gratis ini ke depannya dapat mengcover lebih banyak masyarakat, semoga lebih banyak lagi dan lebih masif," tutupnya. (Abu/B)

  • Bagikan