Waspada Gelombang Panas, Minum Es Akibatkan Pembuluh Darah Pecah

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Beberapa negara di Asia Tenggara, seperti Malaysia, Singapura, Indonesia dan lainnya diprediksi akan mengalami gelombang panas ekstrem.

Suhu tinggi diperkirakan mencapai 40 derajat hingga 50 derajat celcius. Para ahli meminta agar masyarakat menghindari meminum minuman yang terlalu dingin.

Hal ini lantaran pada cuaca ekstrim seperti ini, minum minuman yang terlalu dingin (es) dinilai berbahaya bagi kesehatan.

Pasalnya minuman dingin ini bisa menyebabkan pembuluh darah kecil pecah atau meledak. Terlebih saat suhu telah mencapai 40 derajat ke atas.

Hal ini dibenarkan oleh dr. Nanik Ngudiwati, MARS. Dirinya menyebut, minum es pada saat cuaca panas ekstrim bisa menyebabkan terjadinya masalah di pembuluh darah.

"Dikhawatirkan pembuluh darah kecil yang halus bisa pecah bila kaget minum air es dalam kondisi begini," katanya saat dihubungi Selasa (25/4/2023).

Dia menyarankan agar banyak mengonsumsi air dengan suhu ruang atau konsumsi air hangat.

"Sebaiknya air kondisi suhu ruang. Panasnya tidak kira-kira. Waspada dengan panas ekstrim, banyak minum air hangat," jelasnya.

Pada saat Anda merasa sangat lelah dan haus tetap hindari minum minuman dingin. Minuman tersebut bisa menyebabkan pembuluh darah menyempit. Pembuluh darah yang menyempit bisa menyebabkan stroke.

(FAJAR)

  • Bagikan