Preview Indonesia U-22 vs Thailand U-22: Bikin Kami Bangga!

  • Bagikan

PHNOM PENH, RAKYATSULSEL - Tim nasional U-22 Indonesia siap meladeni Thailand di final cabang olahraga sepak bola SEA Games 2023, malam nanti. Ini saatnya Tim Garuda mengakhiri penantian medali emas yang sudah berlangsung 32 tahun.

Indonesia terakhir kali merengkuh podium tertinggi dan meraih medali emas di SEA Games 1991 Filipina. Sebuah kebetulan, Tim Garuda yang saat itu diperkuat legenda seperti Ferril Hattu dan Rochi Putiray menaklukkan Thailand dengan skor 4-3 melalui drama adu penalti setelah bermain imbang 0-0.

Secara head to head, Thailand unggul atas Indonesia di ajang SEA Games. Dari 23 duel terdahulu, The War Elephants, julukan Thailand menang 16 kali berbanding hanya lima keunggulan Tim Garuda.

Akan tetapi, di tiga pertemuan terakhir, Indonesia mampu mengimbangi Tim Gajah Perang. Setelah bermain imbang 1-1 di SEA Games 2017, kedua negara saling mengalahkan didua edisi terakhir. Indonesia menang 2-0 pada SEA Games 2019. Lalu, Thailand unggul 1-0 di SEA Games 2021.

Di Olympic Stadium, Phnom Penh, venue final malam nanti, Timnas U-22 Indonesia juga pernah membuat Thailand menangis. Pada final Piala AFF U-22 2019, Indonesia yang juga dipimpin Indra Sjafri menang 2-1 untuk merengkuh gelar.

Dengan Indonesia menyapu bersih lima pertandingan sejak babak penyisihan, termasuk mengalahkan Vietnam dengan skor 3-2 di semifinal, sama sekali tidak ada alasan bagi Indonesia untuk gentar. Sepanjang mampu menunjukkan daya tarung seperti di semifinal, medali emas bisa dibawa pulang ke Tanah Air.

(FAJAR)

  • Bagikan