Jelang Iduladha, RPH Makassar Siapkan 700 Ekor Sapi

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Pemerintah Kota Makassar menyiapkan sebanyak 700 ekor hewan kurban jelang Hari Raya Iduladha 1444 Hijriah. Sebagai tahap awal, Perumda Rumah Potong Hewan (RPH) Kota Makassar menyiapkan sebanyak 150 ekor.

Hewan kurban milik RPH Makassar yang disiapkan pada tahap awal ini sudah dapat dilihat secara langsung oleh masyarakat yang ingin memesan pada tanggal 5 Juni 2023 mendatang.

Pelaksana tugas (plt) Direktur Utama PD RPH Kota Makassar Muhammad Idris Ahmad mengatakan hewan kurban tersebut akan disiapkan secara bertahap untuk memenuhi kuota sapi kurban di Kota Makassar. "Sisanya masih proses karantina dan pemeriksaan kesehatan," ujar Idris, Senin (29/5).

Idris mengatakan seluruh hewan kurban yang disiapkan oleh RPH Kota Makassar sudah dilengkapi dengan barcode yang berisikan riwayat kesehatan setiap ekornya.

Sehingga masyarakat bisa langsung mengecek bahwa sapi-sapi yang telah disiapkan oleh PD RPH Makassar, benar-benar telah melalui berbagai tahapan pemeriksaan kesehatan, termasuk catatan pemberian vaksin bisa dilihat pada barcode tersebut.

Pasalnya, beberapa waktu yang lalu, kata Idris, sebanyak 303 ekor sapi terjangkit penyakit virus Jembrana di salah satu daerah di Sulawesi Selatan. Tak hanya itu, penyakit surra, Lumpy Skin Disease (LDS), dan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) juga masih banyak ditemukan menjangkiti sapi potong para peternak.

"Berbekal dari sejumlah kasus tersebut, PD RPH Kota Makassar tentu tidak ingin mengambil resiko," tutup Idris. (sasa/B)

  • Bagikan