Terkait PPDB Sulsel 2023, Praktisi IT Cyber Makassar: Padahal anggaran Rp 2 Miliar

  • Bagikan

Hamka berharap pemerintah melakukan evaluasi menyeluruh terhadap sistem PPDB online, termasuk pengujian beban, pemantauan kinerja, dan langkah-langkah keamanan yang memadai. Transparansi dalam mengenai masalah yang terjadi dan upaya untuk memperbaikinya juga sangat penting.

Penggunaan teknologi dalam proses administrasi seperti PPDB online memiliki potensi besar untuk meningkatkan efisiensi dan keterjangkauan. Namun, implementasi yang kurang baik dapat menimbulkan konsekuensi negatif.

Oleh karena itu, perbaikan teknis dan pengelolaan yang efektif harus menjadi fokus penyelenggara untuk memastikan sistem PPDB online berjalan dengan baik dan memberikan manfaat yang diharapkan bagi semua pihak yang terlibat.

Selain itu, aspek keamanan juga harus diperhatikan dalam sistem PPDB online, agar data siswa dan informasi pribadi tetap terlindungi.

Dalam kasus ini, beberapa orang tua peserta didik baru mengeluhkan perubahan hasil pengumuman yang terjadi pada tanggal 23 Juni 2023. Pengumuman tersebut mengalami perubahan yang tidak konsisten.

Salah satunya adalah kasus yang dialami oleh Sida (45), di mana anaknya awalnya dinyatakan lulus pada hari pertama pengumuman, tetapi pada hari berikutnya, statusnya berubah menjadi tidak lulus.

"Awalnya anak saya dinyatakan lulus pada hari pertama, tapi kemudian ketika dicek lagi pada hari kedua, ternyata statusnya berubah," kata Sida.

  • Bagikan