Lima Calon Haji Asal indonesia Dicekal Masuk Arab Saudi, Langsung Dipulangkan Ke Tanah Air

  • Bagikan
Ilustrasi

”Misalnya yang haji, setelah di Arafah langsung diminta pulang. Jadi, tidak boleh berlama-lama di sini (Arab, Red),” ujarnya. Namun, kebijakan terbaru, calon jemaah yang masuk daftar cekal langsung diminta kembali setiba di bandara tanpa diizinkan berhaji dan umrah.

Pada bagian lain, proses pemberangkatan jemaah haji Indonesia tahun 2023 telah berakhir. Sebanyak 165 jemaah yang tergabung dalam kloter 34 asal embarkasi Batam (BTH) menjadi kloter terakhir yang mendarat di Jeddah kemarin (24/6). Mereka diberangkatkan melalui kuota tambahan.

Rona bahagia terlihat dari wajah Wahyu Hidayati, warga Merangin, Jambi, setiba di Hotel Syafayir al Hayaa, Makkah. Persiapan yang dilakukan Wahyu hingga tiba di Tanah Suci sekitar sebulan. ”Dikabari akhir Mei, terasa dadakan. Alhamdulillah sudah sampai. Seharusnya berangkat tahun depan,” ungkapnya.

Ketua Kloter 34 Muhsin mengatakan, kloternya berangkat dari asrama haji Jumat (23/6) siang dan malamnya pukul 19.00 langsung terbang. ”Alhamdulillah perjalanan aman, lancar. Sampai Jeddah pukul 03.45,” katanya. Dia dan jemaahnya sudah mengenakan kain ihram sejak dari asrama haji.

Hingga closing date, total ada 558 kloter dengan jumlah 209.782 jemaah haji reguler telah tiba di Tanah Suci. (FO)

  • Bagikan