Was-Was! Partai Demokrat Siapkan Plan B Untuk Pilpres 2024

  • Bagikan
Wakil ketua Umum Partai Demokrat Benny K Harman

JAKARTA, RAKYATSULSEL -- Partai Demokrat menyiapkan rencana cadangan di Pilpres 2024. Jika bakal Capres Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), Anies Baswedan gagal bertarung maka Demokrat akan bergabung ke PDIP.

Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, Benny K Harman mengaku tidak tahu apabila nantinya bakal calon presiden (bacapres) Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan akan berlayar di Pilpres 2024 atau tidak.

"Kita kan nggak tau juga apakah Mas Anies ini jadi berlayar atau tidak, itu kan pertanyaan kita juga" ungkap Benny K Harman melalui podcast di kanal Youtube KompasTV pada Sabtu (1/7/2023).

Menurutnya, jika suatu saat Anies tidak bisa melanjutkan pencalonan, Demokrat sendiri bisa memilih untuk berada di kubu lain. Dirinya menyebut PDIP bisa dijadikan pilihan jika kemungkinan itu terjadi.

"Kalau assuming (perumpamaan) misalnya beliau gagal berlayar kan kita harus membuat pilihan, pilihan kita ke mana kan begitu. Ya saya secara pribadi mengatakan ya pilihan kita bisa ke ya ke Pak Ganjar, PDIP kan begitu. Tentu ada yang lain juga menghendaki musti ikut ke Pak Prabowo," kata Benny.

Meski begitu, ia menegaskan bahwa itu hanyalah pengandaian atau asumsi jika Anies tidak jadi berlayar pada kontes politik 2024 mendatang.

"Tapi itu kan tadi sekali lagi assuming yah dengan pengandaian" lanjutnya.

Selain itu, dirinya juga menambahkan bahwa asumsi ini ia dasarkan pada petunjuk kecenderungan realitas saat ini.

"Itu assuming ini kan ada penjelasannya, assuming berbasiskan kepada petunjuk-petunjuk berdasarkan kecenderungan pada realitas yang sedang terjadi pada saat ini" kata Dia

  • Bagikan