PJP UMI Gelar Pelatihan Penyusunan Artikel Jurnal Nasional Terakreditasi bagi Dosen Muda

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL – Pusat Jurnal dan Publikasi (PJP) Universitas Muslim Indonesia (UMI) menggelar elatihan Penyusunan Artikel untuk Jurnal Nasional Terakreditasi bagi Dosen Muda lingkup UMI.

Kegiatan yang digelar di ruang MIIB lantai 4 Menara Umi, Jalan Urip Sumohardjo, Makassar, Kamis 20 juli 2023 ini, diiukti sebanyak 40 peserta yang merupakan dosen muda.

Dalam keterangan resminya, Senin (31/7/2023), Kepala PJP UMI Prof. Dr. Ir. Netty, M.Si mengatakan, terdapat dua materi utama yang diberikan kepada peserta pada kegiatan kali ini.

“Kedua materi itu adalah pertama Strategi Penyusunan Artikel Ilmiah berkualitas di jurnal Nasional bagi Dosen UMI. Kedua adalah kiat-kiat sukses Naskah/artikel diterima dalam jurnal Nasional terakreditasi,” beber Prof Netty.

Akademisi Fakultas Pertanian (FP) UMI tu menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk Meningkatkan kualitas naskah/artikel Dosen UMI yang akan dimuat akan pentingnya menyusun artikel sebagai publikasi ilmiah yang bereputasi nasional.

”Dan juga untuk meningkatkan naskah/artikel Dosen UMI yang terpublikasi di jurnal nasional terakreditas,” bebernya.

Mewakili Rektor, Dr. Ir H Hanfi Ashad, ST, MT, IPM, ASEAN Eng, mengatakan, penyusunan artikel di jurnal ilmiah saat ini menjadi sangat penting setelah ada persyaratan kenaikan setiap jenjang jabatan untuk fungsional dosen dan peneliti, serta fungsional lainnya.

“Ini sesuai dengan Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Permenristekdikti) Nomor 20 Tahun 2017 dipersyaratkan untuk publikasi ilmiah di jurnal yang terakreditasi, “ tegasnya.

Diketahui, pelatihan ini menghadirkan empat narasumber itu adalah Dr. Ir. H. Hanafi Ashad, MT., IPM. (Wakil Rektor I UMI), Dr. Aditya Halim Perdana Kusuma Putra, S.E., M.M. (Dosen Fakultas Ekonomi UMI), Ahmad Najib, S.Si., M.Farm., Apt. (Dosen Fakultas Farmasi UMI), dan Prof. Dr. Ir. Netty, M.Si. (Kepala PJP UMI).tiap jenjang jabatan untuk fungsional dosen dan peneliti, serta fungsional lainnya,” tutupnya.

Diketahui, pelatihan ini menghadirkan empat narasumber itu adalah Dr. Ir. H. Hanafi Ashad, MT., IPM. (Wakil Rektor I UMI), Dr. Aditya Halim Perdana Kusuma Putra, S.E., M.M. (Dosen Fakultas Ekonomi UMI), Ahmad Najib, S.Si., M.Farm., Apt. (Dosen Fakultas Farmasi UMI), dan Prof. Dr. Ir. Netty, M.Si. (Kepala PJP UMI). (Yadi/A)

  • Bagikan