Mahasiswa KKN Unhas di Kejati Sulsel Bakal Gelar Seminar Tentang Masa Depan Justice Collaborator di Indonesia 

  • Bagikan
Mahasiswa Universitas Hasanuddin Makassar yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata di Kantor Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan

Adapun isu krusial yang akan dibahas dalam seminar itu diantaranya Keadilan dan Hak Asasi Manusia, Peran Saksi Pelaku yang bekerja sama dengan penegak hukum sering kali melibatkan dilema etika dan pertimbangan hak asasi manusia.

"Bagaimana kerja sama mereka dapat dipastikan tanpa melanggar hak-hak individu yang terlibat?. Perlindungan dan keselamatan saksi pelaku yang bekerja sama. Juga menjaga kerahasiaan identitas dan keberadaan saksi pelaku yang bekerja sama sangat penting untuk melindungi mereka dari pembalasan atau bahaya fisik," sebutnya.

Auralya menjelaskan, yang jadi pembahasan nantinya mengenai langkah-langkah efektif apa yang dapat diambil untuk melindungi identitas mereka tanpa mengorbankan efisiensi investigasi. Sistem insentif dan penghargaan dengan mendorong partisipasi saksi pelaku yang bekerja sama membutuhkan insentif dan penghargaan yang sesuai untuk bekerja sama dengan pihak berwenang. 

Lebih jauh disampaikan, bagaimana sistem insentif yang adil dan memadai dapat diterapkan untuk menghindari potensi 

penyalahgunaan. Kolaborasi lintas lembaga mengenai keberhasilan saksi pelaku yang bekerja sama dengan penegak hukum 

juga bergantung pada kolaborasi yang efektif antara berbagai lembaga, seperti polisi, jaksa, dan lembaga penegak hukum lainnya. 

  • Bagikan