Tekan Angka Pengangguran, Disnaker Makassar Hadirkan Job Fair 2023 dan Program ‘Lokerta’

  • Bagikan
Job Fair 2023

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Jumlah data pengangguran di Kota Makassar di tahun 2022 sebesar 11,82 persen atau 86.827 orang. 

Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Makassar terus melakukan upaya-upaya untuk dapat menekan angka pengangguran tersebut.

Salah satunya, dengan Program Lokerta (info lowongan kerja untuk kita). Lokerta ini dapat dilihat di sosial media Instagram Disnaker Makassar atau melalui website www.disnaker.makassarkota.go.id

Kepala Disnaker Kota Makassar, Nielma Palamba menargetkan tahun 2023 ini, angka pengangguran di Kota Makassar dapat turun dua digit. 

"Semoga bisa turun jadi 9 persen, sehingga masih ada dua poin harus kita kejar," terang Nielma, saat ditemui usai membuka kegiatan Job Fair Disnaker Kota Makassar di Mall Pipo Makassar, Senin (21/8). 

Tak hanya itu, upaya lainnya yang dilakukan Disnaker untuk menekan angka pengangguran yakni dengan menggelar Job Fair /bursa kerja Disnaker Makassar 2023 yang dilaksanakan di Mall Phinisi Point (Pipo) Jalan Metro Tanjung Bunga Kota Makassar yang berlangsung pada tanggal 21-22 Agustus 2023. 

Ia menjelaskan dalam Job Fair 2023 ini menyiapkan sebesar 2.100 lowongan, jika seluruh lowongan ini terserap. Maka, angka pengangguran akan menurun. 

"Ini sebenarnya kerja keras lagi, kalau terserap ini 2.100. Berarti masih ada beberapa sekitar 8 ribuan. Tapi semoga itu bisa turun lagi sedikit," terang Nielma. 

Nielma optimis angka pengangguran di Kota Makassar dapat menurun. Apalagi, penyelenggaraan jon fair ini tak hanya dilakukan oleh Pemerintah Kota Makassar. Tetapi, seperti perguruan tinggi dan juga perusahaan yang merekrut langsung pegawai baru. 

"kami berharap seperti itu apalagi masing masing perusahaan tanpa job fair, mereka membuka," ucap Nielma. (Shasa/B)

  • Bagikan