Penurunan Layar Kapal Pinisi Tandai F8 2023 Resmi Ditutup

  • Bagikan
Penurunan layar kapal Pinisi menandai ditutupnya secara resmi pagelaran Makassar International Eight Festival and Forum (F8) yang berlangsung sejak tanggal 23 - 27 Agustus 2023 di Anjungan Pantai Losari, Kota Makassar. (Foto Shasa)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Penurunan layar kapal Pinisi menandai ditutupnya secara resmi pagelaran Makassar International Eight Festival and Forum (F8) yang berlangsung sejak tanggal 23 - 27 Agustus 2023 di Anjungan Pantai Losari, Kota Makassar.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengatakan, pagelaran F8 kali ini menampilkan berbagai bakat di berbagai panggung, dan pengunjung yang semakin berkualitas.

"Memperlihatkan kualitas yang makin hari makin baik, kualitas anak-anak kita yang memperlihatkan bakatnya makin hari makin baik," ujar Danny, sapaan akrabnya, pada closing ceremony F8 di Panggung utama, zona 3 area F8, Anjungan Pantai Losari, Minggu (27/8) malam.

Danny menyebut F8 merupakan cerminan peradaban dan kebudayaan Kota Makassar, serta kolaborasi yang luar biasa. Ia berjanji untuk terus meningkatkan F8 tahun depan.

"F8 adalah wajah kita hari ini, wajah peradaban dan kebudayaan kita. Wajah kolaborasi kita," terang Danny.

Meskipun telah berusaha semaksimal mungkin, Danny mengakui dalam pelaksanaan F8 kali ini masih terdapat kekurangan-kekurangan. Sehingga, pihaknya terbuka atas seluruh kritik dan masukan dari masyarakat.

"Kami senantiasa memohon kritikan dan input untuk F8," ucap Danny.

Danny juga menyampaikan terima kasih kepada aparat keamanan, TNI, dan seluruh panitia yang telah berkontribusi besar dalam kesuksesan acara ini.

Tak hanya itu, Ia juga mengucapkan terima kasih kepada negara-negara sahabat yang ikut berpartisipasi dalam F8, seperti kedutaan besar Jepang, Australia, India, Amerika, Prancis, Malaysia, Korea Selatan, Inggris, Portugal, Belgia, Rusia, dan Selandia Baru. Para desainer fashion dari berbagai negara juga memberikan kontribusi yang berharga.

Apalagi, di pagelaran F8 tahun ini ada peningkatan jumlah negara sahabat yang berpartisipasi yakni sebanyak 16 negara dari sebelumnya hanya sembilan negara.

"Terimakasih kami khusus kepada negara negara sahabat yang bersusah payah ikut langsung di acara F8," ujar Danny.

Ia berharap partisipasi internasional akan terus berkembang di tahun-tahun mendatang, sehingga ide-ide lokal dari Makassar dapat dinikmati secara global.

Ia mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi terhadap kesuksesan F8 2023.

"Terimakasih atas semua pihak tanpa terkecuali yang memberikan kontribusi baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap kesuksesan F8 2023. Sampai ketemu di F8 2024," tutup Danny. (Shasa/B)

  • Bagikan