Verval Instansi Belum Rampung, Pendaftaran CPNS 2023 Berpotensi Diundur

  • Bagikan
Seleksi tes CPNS

Meski sudah ada cut-off per-Agustus 2023, lanjut dia, formasi ini berpotensi berkurang lantaran terimbas kebijakan optimalisasi pengisian kebutuhan PPPK jabatan fungsional teknis yang tertuang dalam PermenpanRb 571/2023.

Instansi diberikan kelonggaran untuk memilih mengurangi formasi atau tetap menggunakan formasi saat ini karena sudah terpenuhi di seleksi tahun lalu. Nantinya, verval akhir bakal otomatis direvisi oleh BKN di sistem.

Lebih lanjut, Suharmen mengatakan, ada sejumlah perubahan dalam seleksi CASN tahun ini. Diantaranya, penggunaan materai untuk sejumlah dokumen yang harus diupload nantinya.

Materai tak lagi menggunakan fisik tapi elektronik. Hal ini guna menghindari reuse materai oleh calon pendaftar seperti tahun-tahun sebelumnya.

”Ada yang reuse materai. Ini termasuk pelanggaran perdata pidata. Sehingga, yang terindikasi menggunakan materai reuse ini kemudian dikenakan sanksi pengguguran pendaftaran,” tegasnya.

Kemudian, tersedia portal karier yang berisi informasi mengenai detail jabatan, tugas, hingga besaran gajinya. Dengan begitu, calon pelamar mengetahui secara jelas jabatan yang dilamar dan menghindari adanya pengunduran diri ataupun kinerja yang tak maksimal ketika sudah diterima.

Perubahan lainnya, pada seleksi tahun ini, seleksi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) untuk guru akan menggunakan sistem CAT BKN. Bukan lagi sistem UNBK seperti tahun lalu. Dia menyebut, seluruh sistem dan soal sudah siap untuk tes nantinya.

  • Bagikan