Hanya Perindo dan Gelora Parpol Non Parlemen di Sulsel yang Berpeluang Tembus DPR RI

  • Bagikan
Direktur Eksekutif Indeks Politika Indonesia (IPI) Suwadi Idris Amir

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Partai non Parlemen saat ini masih kesulitan untuk lolos Ambang batas empat persen pada Pemilu 2024 mendatang. Pengalaman Pemilu 2019 tak satupun Parpol pendatang baru yang lolos ambang batas 4 persen.

Direktur Eksekutif PT Indeks Politica Indonesia (IPI), Suwadi Idris Amir mengatakan, dalam persaingan  merebut kursi DPR RI khusus di Sulsel, partai non parlemen masih kesulitan.

"Untuk DPR RI saya lihat hanya ada empat sampai lima partai yang memiliki keterpilihan sangat tinggi,  selebihnya itu masih harus berjuang untuk memperebutkan kursi - kursi terakhir. Artinya partai partai baru yang bisa bersaing, seperti Perindo, Gelora, selebihnya itu agak sulit," katanya Suwadi.

Menurut Suwadi, dari seluruh partai non parlemen hanya Perindo dan Gelora mampu bersaing di papan tengah perebutan kursi DPR RI di Sulsel.

Dirinya mengungkapkan kecilnya peluang partai non parlemen lantaran pergerakan partai besar seperti NasDem, Gerindra, Golkar hingga  PDI Perjuangan terbilang massif di Sulsel.

Apalagi parta besar ini mendapat efek elektoral dari figur Bacapres. Kendati partai - partai ini kerap menjadi aktor utama mengenai isu Pilpres.

" Harusnya partai partai baru dan partai kecil harus juga mengambil peran yang sama walaupun bukan pengusung utama. Harusnya lebih aktif  mengkampanyekan capres itu dengan partainya. Tapi sayangnya yang melakukan itu hanya partai besar, sehingga partai kecil tidak mendapatkan hasil elektoral dukungan terhadap Capres," jelasnya. (Fahrullah/B)

  • Bagikan