Gowa jadi Kabupaten Pertama di Sulsel Lakukan Penandatangan NPHD

  • Bagikan
Penandatanganan Bersama Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) antara KPU dan Pemkab Gowa, serta Bawaslu dan Pemkab Gowa, di Baruga Karaeng Galesong, Kantor Bupati Gowa, Jum'at (29/9).

Rp60 Miliar ke KPU, Rp15 Miliar Bawaslu, Rp15 Miliar Biaya Pengamanan

GOWA, RAKYATSULSEL - Kabupaten Gowa menjadi daerah pertama di Sulawesi Selatan yang melaksanakan Penandatanganan Bersama Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) antara KPU dan Pemkab Gowa, serta Bawaslu dan Pemkab Gowa. 

Hal tersebut diungkapkan Pj. Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin saat hadir langsung menyaksikan penandatangan tersebut, di Baruga Karaeng Galesong, Kantor Bupati Gowa, Jum'at (29/9). 

"Saya selaku Pj Gubernur sungguh-sungguh mengapresiasi Pemda Gowa dan Bupati Gowa karena melakukan NPHD hari ini dan ini yang pertama di Sulawesi Selatan," ungkapnya. 

Bahkan dirinya yang juga Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri merasa capaian itu sangat luar biasa. Pasalnya NPHD merupakan salah satu tahapan yang harus dilalui dalam proses Pemilu ataupun Pilkada. 

"Salah satu tahapan terpenting dari kesiapan Pemilu atau Pilkada adalah kesiapan keuangan dalam hal ini NPHD dan Gowa berhasil nelaksanakan pertama di 24 kabupaten/kota Sulawesi Selatan, bahkan jika dilihat secara nasional, Gowa mungkin kabupaten yang ke-9 atau masuk dalam 50 besar dan itu termasuk luar biasa karena daerah di Indonesia ada 545," jelasnya. 

Olehnya dirinya berharap seluruh kabupaten/kota di Sulsel bisa mengikuti jejak Pemkab Gowa agar dalam waktu dekat bisa melakukan penandatanganan NPHD sebagai bukti kesiapan dalam menghadapi Pilkada maupun Pemilu. 

  • Bagikan