Menimbang Pengganti Fatmawati

  • Bagikan

Sementara ituu, partai politik sudah mulai menyiapkan diri untuk menatap Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Sejumlah figur potensial mulai digadang-gadang.

Partai NasDem Makassar, misalnya, memiliki beberapa figur seperti Fatmawati Rusdi, Ketua DPRD Makassar Rudianto Lallo, Andi Rachmatika Dewi, dan mantan Komandan Satuan Brimob Polda Sulsel Adeni Muhan.
Keempat figur NasDem ini memiliki elektoral cukup bagus yang terpotret beberapa lembaga survei pada Pilwali Makassar mendatang. Apalagi NasDem telah membuktikan taringnya di Kota Makassar ketika memenangkan Pilwali 2020 dengan mengusung Danny Pomanto-Fatmawati.

Direktur Profetik Institute Muhammad Asratillah mengatakan, kader NasDem yang mencuat sama-sama memiliki peluang untuk diusung. Misalnya Fatmawati punya modal sebagai wakil wali kota dan istri Ketua NasDem Sulsel Rusdi Masse.

Kemudian Rudianto Lallo juga dianggap sebagai figur potensial karena berhasil terpilih dua periode di DPRD Makassar. Otomatis telah memiliki modal sosial di masyarakat dan mulai aktif bergerak.

Kemudian Rachmatika Dewi, peluangnya kembali bertarung di Pilwali terbilang cukup besar. Mengingat Cicu - sapaannya - merupakan legislator dua periode DPRD Sulsel dan telah memiliki pengalaman bertarung di Pilwali Makassar.

"Tapi kalau elektoral, jejaring politik termasuk kemampuan finansial, Fatmawati yang paling kuat di antara ketiganya," kata Asratillah.

Dengan kondisi tersebut, hitung-hitungannya apabila NasDem berhasil meraih jumlah kursi untuk pengusungan tunggal di Pilwali Makassar, tidak akan sulit menemukan pasangan calon di internal mereka.

Sementara keberadaan Adeni Muhan, kata Asratillah, kekuatannya belum tampak. Pergerakan purnawirawan polisi ini belum begitu kelihatan, walaupun baliho telah tersiar di beberapa wilayah di Kota Makassar.
Adeni baru bergabung ke NasDem beberapa waktu lalu. Dia juga maju sebagai bakal calon legislatif di DPRD Sulsel dapil Kota Makassar.

Menurut Asratillah cara tersebut dapat menguji suara lewat Pileg agar bisa memetakan basis suara. "Saya pikir Adeni akan diuji di situ, soal kemampuannya memberikan kontribusi suara buat partai," paparnya.
Ketua NasDem Kota Makassar, Andi Rachmatika Dewi mengatakan pihaknya menargetkan dua kali lipat perolehan suara pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 mendatang.

"Target dua kali lipat dari sekarang. Kalau pemilu kami siap menang kembali," kata Ketua NasDem Makassar Andi Rachmatika Dewi.
Hanya saja, Cicu, sapaan Andi Rachmatika Dewi belum ingin berkomentar lebih banyak soal Pilwali Makassar. Dia mengaku pihaknya ingin fokus di Pemilu kemudian menatap Pilkada. "Pemilu dulu. Pilwali masih jauh," ujar dia. (Shasa-Suryadi-Fahrullah)

  • Bagikan