Unhas Tuan Rumah MDGB-PTNBH

  • Bagikan

Sejumlah langkah atau kiat agar peringkat PT dapat meningkat disampaikannya, salah satu diangkat adalah perlu kolaborasi intensif dengan pihak luar negeri.

"Tidak hanya itu, jika ada kolaborasi, maka kolaborasi tersebut dibina terus hingga menghasilkan peringkat yang terbaik. Termasuk kolaborasi riset, yang semuanya bermuara nanti pada perbaikan peringkat PT," jelas dia.

Seperti diketahui bahwa UI merupakan satu-satunya PT di Indonesia yang mempunyai peringkat terbaik di Indonesia, baik melalui QS Ranking maupun Times Higher Education’s (THE) World Rankings.

Bahkan UI masuk dalam Universitas terbaik dunia dalam urutan 237 pada tahun 2024 ini.

Sementara itu, Prof. Sumangan Baja yang merupakan Sekretaris Universitas Hasanuddin membahas topik berjudul Tantangan dan Harapan Universitas PTNBH dalam Pemeringkatan Global.

Dalam uraiannya dia membahas tantangan PT yang meliputi 5 hal yaitu kompetisi global, kualitas riset, kolaborasi riset, hubungan industri dengan alumni dan kampus, serta keterbatasan dana.

"Ada 5 hal. Pertama, publikasi dan sitasi. Kedua, international exposure. Ketiga, kolaborasi internasional. Keempat, menambah jumlah dosen internasional mengajar di PT dan Kelima, masalah employer," tuturnya. (Yadi/A)

  • Bagikan