Jelang Hari Jadi Gowa ke-703, Disparbud Ajak Masyarakat Belajar di Museum hingga Kenalkan Aksara Lontara

  • Bagikan
Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Gowa menggelar Kegiatan "Belajar Bersama di Museum" yang berlangsung di Pelataran Museum Istana Balla Lompoa, Jum'at (27/10). 

GOWA, RAKYATSULSEL - Dalam rangka memperingati Hari Jadi Gowa Ke-703 Tahun 2023, sekaligus memperingati Hari Museum Indonesia ke-63 Tahun, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Gowa menggelar Kegiatan "Belajar Bersama di Museum" yang berlangsung di Pelataran Museum Istana Balla Lompoa, Jum'at (27/10). 

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Gowa, Andi Tenriwati Tahri mengatakan, kegiatan yang bertujuan untuk memperkenalkan dan juga melestarikan budaya Kabupaten Gowa ini dilaksanakan di dua lokasi yang mana kegiatan ini dikolaborasikan bersama dengan komunitas Karpet Kuning yang pelaksanaannya akan berlangsung di Desa Taeng, Kecamatan Pallangga dengan mengusung tema "Pesona Gaukang Taeng Gowa". 

"Jadi ada kolaborasi yang kita laksanakan, kegiatan ini akan kita laksanakan di Kawasan Istana Balla Lompoa dan juga di Desa Taeng dengan berkolaborasi dengan komunitas Karpet Kuning yang ada di Taeng," katanya. 

Lanjutnya, kegiatan ini mencakup pameran-pameran bilah atau senjata-senjata tajam berupa keris-keris peninggalan kebesaran Kerajaan Gowa. Selain itu juga diadakan pameran di beberapa pameran UMKM binaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan.

"Kegiatan ini kita laksanakan mulai 27 hingga 29 Oktober, dan di hari Sabtu 28 Oktober   kita akan laksanakan talkshow berkaitan dengan museum sebagai pusat peradaban kebesaran Kerajaan Gowa untuk membesarkan Kerajaan Gowa di masa lampau," jelasnya.

Di usia Kabupaten Gowa yang ke-703 ini, Andi Tenri berharap Gowa kedepan semakin maju dan menjadi Kabupaten dengan tingkat kesejahteraan masyarakat yang meningkat. 

  • Bagikan