Kadin Kendari Belajar Teknologi Peternakan di CV Mitra Mandiri Milik H Pathuddin di Sidrap

  • Bagikan

SIDRAP, RAKYATSULSEL - Pengurus Kamar Dagang dan Industri Indonesia Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara, melakukan kunjungan ke Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan, Kamis (16/11/2023).

Rombongan Kadin Kendari yang dipimpin Ketua Umum Fadli Tanawali ini dalam rangka melakukan kunjungan ke perusahaan CV Mitra Mandiri.

Dalam kunjungan ini Kadin Kendari didampingi Pengurus Kadin Sidrap di kandang peternakan di Desa Bulo Timoreng dan dilanjutkan berkunjung ke pabrik pakan dan pembuatan Rak di Desa Cipotakari, Kecamatan Pancarijang yang didampingi langsung owner CV. Mitra Mandiri H. Pathuddin.

Ketua Umum Kadin Kota Kendari Fadli Tanawali menjelaskan kunjungan tersebut dilakukan untuk bertukar informasi terkait penerapan teknologi peternakan di Kabupaten Sidrap, khusus di perusahaan milik H. Pathuddin.

"Ini merupakan program kerja kunjungan kami pertama sejak dilantik, memang kami juga fokus pada sektor peternakan, perkebunan dan pertanian jagung," ucapnya, saat ditemui disela-sela kegiatan.

Dijelaskannya, kunjungan ini sebagai upaya Kadin Kendari untuk melakukan upaya kerjasama sehingga nantinya dapat  berdampak pada upaya menekan laju inflasi di Kota Kendari. Juga sekaligus untuk membantu upaya pemerintah untuk melakukan penanganan stunting.

"Salah satu nutrisi yang dibutuhkan penderita stunting adalah telur, termasuk intervensi pada saat masa kehamilan juga telur," katanya.

Pilihan Kabupaten Sidrap sebagai lokus kunjungan, kata dia, karena Sidrap cukup dekat dengan Provinsi Sulawesi Tenggara atau Kota Kendari, alasan lain karena Industri pakan ternak dan peternakan ayam petelur di Kabupaten Sidrap besar.

"Ini penerimaan yang sangat luar biasa, saya bisa melihat langsung, mudah-mudahan ini bisa adopsi dan kami bawa informasi-informasi ini baik kepada dunia usaha maupun kami di Kadin untuk menunjang program-program kami," ujarnya.

Direktur CV Mitra Mandiri H. Pathuddin mengatakan sebagai tuan rumah merasa terhormat oleh kunjungan Pengurus Kadin Kendari.

"Ini adalah bentuk silaturahmi yang kami anggap sangat bagus, karena pasti ada manfaat disetiap pertukaran informasi," ucap H.Pathuddin yang juga merupakan Anggota DPRD Sidrap itu.

H.Pathuddin juga mengemukakan bahwa kota Kendari memiliki potensi besar, sehingga kunjungan tersebut merupakan momen yang tepat untuk melakukan kolaborasi kedepannya.

"Sidrap daerah merupakan daerah lumbung telur, sehingga salah satu kendala adalah pemasaran, nanti siapa tau bisa dikolaborasikan, namun tidak menutup kemungkinan Kendari juga menjadi daerah penghasil telur," kata ketua PPP Sidrap tersebut.

Ketua Kadin Sidrap A. M. Yusuf Ruby berharap pertemuan tersebut dapat berlanjut dengan adanya kontak bisnis antara Kadin Kendari dan pengusaha di Kabupaten Sidrap.

Sehingga nantinya dapat menguntungkan kedua belah pihak dan berdampak pada pertumbuhan perekonomian baik di Kabupaten Sidrap maupun Kota Kendari.

"Jadi, Insya Allah kedepan akan ada kontak bisnis antara Kadin Kendari dan Pengusaha di Kabupaten Sidrap," ucap pengusaha Hotel dan restoran di Kabupaten Sidrap itu.

Usai melakukan kunjungan di CV. Mitra Mandiri, Rombongan pengurus Kadin Kendari dan Sidrap melanjutkan kunjungan ke pabrik penggilingan beras milik H.Rasman di Kecamatan Maritengae, Kabupaten Sidrap. (Ridwan)

  • Bagikan