Urai Kemacetan Angkutan Logistik, Tol MNP Mulai Difungsikan 2 Januari Mendatang 

  • Bagikan
ILUSTRASI tol Makassar (int)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Jalan Tol Akses Makassar New Port (MNP) dijadwalkan akan berfungsi mulai tanggal 2 Januari 2024. 

Jalan Tol MNP ini memenuhi persyaratan fungsional dari Bina Marga dan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Proyek yang memiliki panjang sekitar 3,2 km ini telah berhasil melewati Uji Laik Fungsi. 

 Direktur Utama PT Makassar Metro Network (MMN), Ismail Malliungan mengungkapkan kehadiran Tol MNP dapat menjadi solusi untuk mengurai kemacetan yang sering terjadi di wilayah akses keluar jalan tol yakni di Jalan Teuku Umar akibat parkir truk angkutan logistik di pinggir jalan untuk proses bongkar muat. 

"Hadirnya jalan akses tol MNP ini tentunya dapat menjadi solusi dalam mengurai kemacetan di wilayah tersebut dengan adanya akses langsung bagi kendaraan logistik dari dan menuju ke Makassar New Port," harap Ismail. 

Untuk meningkatkan standar keamanan, Tol MNP ini telah penerapan standar sesuai Standar Pelayanan Minimal (SPM) dan penyediaan ruang bebas (clear zone). 

Tak hanya itu, Tol MNP langsung terkoneksi dengan pelabuhan MNP sehingga diharapkan dapat menurunkan biaya logistik, memangkas waktu distribusi barang, dan mendukung pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut. 

Pengguna tol dari pelabuhan lama, Bandara Sultan Hasanuddin International Airport, dan KIMA dapat merasakan manfaat langsung dari proyek ini.

"Aktivitas angkutan peti kemas maupun masyarakat yang beraktivitas di Pelabuhan Baru Makassar New Port dapat menggunakan Jalan Akses Tol Makassar New Port ini," ujar Ismail. 

Pengendara dari arah pelabuhan lama dapat memasuki jalan tol melalui Gerbang Tol Cambaya dan memilih lajur kiri menuju Jalan Akses Tol Makassar New Port.

 Sementara pengendara dari Bandara Sultan Hasanuddin Internasional Airport atau KIMA dapat memilih akses melalui percabangan jalan ke pelabuhan dan Panakkukang.

Untuk keluar dari Jalan Akses Tol Makassar New Port, pengendara dapat memutar ke Jalan Sultan Abdullah, sementara mereka yang menuju ke Bandara dapat belok kiri ke Gerbang Tol Tallo Barat. 

Diharapkan infrastruktur ini akan memperlancar distribusi barang, mendukung pertumbuhan ekonomi, dan meningkatkan keselamatan lalu lintas di wilayah tersebut. (Shasa/A)

  • Bagikan