Enam OPD Pemprov Sulsel Dinahkodai Jabatan Plt dan Plh

  • Bagikan
Kabid Mutasi BKD Sulsel, Zakiyah Assegaf

MAKASSAR, RAKYATSULSEL- Sebanyak enam OPD lingkup Pemprov Sulsel awal tahun 2024 ini dinahkodai oleh Pelaksana tugas (Plt) dan Pelaksana harian (Plh).

Hal itu disampaikan oleh Kabid Mutasi BKD Sulsel, Zakiyah Assegaf saat dikonfirmasi Rakyat Sulsel, Rabu (3/1/2024).

Kata dia, baru-baru ini sebanyak dua kepala OPD telah purna bakti, yaitu Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politilk (Kesbangpol) Sulsel Muhammad Firda dan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel, Andi Parenrengi.

Ia menyampaikan, Plt Jabatan Kepala Badan Kesbangpol Sulsel saat ini adalah Sekertaris Kesbangbol Sulsel, Asnyar dan Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel Asriadi Sulaiman.

“Kedua Plt itu diambil dari Sekdis masing-masing,” sebutnya.

Ia juga menyampaikan, Direktur Rumah Sakit Dadi Makassar juga dijabat Plt karena ada kekosongan jabatan, Wakil Direktur Pelayanan Penunjang Hj. Nursidah,S.ST.

“Plt melaksanakan tugas rutin dari pejabat definitif yang berhalangan tetap seperti pensiun dan sebagainya,” ujarnya.

Ia melanjutkan, untuk tiga jabatan yang saat ini dipimpin oleh Plh itu disebabkan para pejabat definitifnya menjadi Pj Bupati. Seperti Kepala Bappeda Sulsel, Setiawan Aswad menjadi Pj Bupati Takalar, dan Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Perkimtan) Sulsel, Andi Bakti Haruni menjadi Pelaksana harian (Plh).

Selanjutnya, Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sulsel Asrul Sani menjadi Pj Wali Kota Palopo dan Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Pemprov Sulsel Idham Kadir menjadi Pelaksana harian (Plh).

Lalu, Kepala Biro Perekonomian dan Administrasi Pembangunan, Junaedi B menjadi Pj Bupati Jeneponto, dan Asisten II Pemprov Sulsel Ichsan Mustari sebagai Pelaksana harian (Plh).

“Plh melaksanakan tugas rutin dari pejabat definitif yang berhalangan sementara,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan, masa perpanjangan masa jabatan untuk Plt itu dilakukan tiga bulan sekali sata dikeluarkanya SK tugasnya, dan untuk perpanjangan tugas dari Plh itu dilakukan setiap bulan.

Terkait dengan pengisian tiga jabatan lowong itu, Zakiyah menyampaikan saat ini belum ada tanda-tanda untuk dilakukan Job fit maupun lelang Jabatan (seleksi terbuka). (Abu/B)

  • Bagikan