Progres Pembangunan MGC 50 Sudah Persen, Danny Target Rampung Februari 2024

  • Bagikan
Wali Kota Makassar Danny Pomanto

Terpisah, Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto mengungkapkan pembangunan proyek Makassar Goverment Center (MGC) akan rampung pada akhir bulan Februari 2024 mendatang.

Danny Pomanto, sapaan akrabnya, memprediksi proyek tersebut mulai efektif beroperasi untuk pelayanan di bulan Maret mendatang.

Di mana, kantor pelayanan berada di lantai satu dan lantai dua di Gedung MGC yang berlokasi di Kawasan Taman Macan, Jalan Sultan Hasanuddin, Kota Makassar.

"Kalau pelayanan itu termasuk diprioritaskan itu kira-kira dia sudah masuk bulan Februari itu, termasuk interiornya. Saya kira bulan-bulan Maret sampai April sudah bisa digunakan," ucap Danny Pomanto, Rabu (10/1).

Danny menyebut nantinya di MGC ini akan menjadi pusat kantor-kantor pelayanan publik. Yakni, kantor Dinas Kesehatan, Dinas Tata Ruang, Dinas Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), Dinas Pariwisata, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Capil), Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker), Dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP).

Ia mengaku saat ini Pemerintah Kota Makassar tengah menyiapkan Surat Keputusan (SK) untuk kebutuhan administrasi kantor-kantor pelayanan tersebut untuk berpindah ke MGC.

"Kan ini SK-SK-nya mau dipersiapkan untuk administrasinya. Itu bulan Februari selesai fisiknya, bulan Maret kira-kira sudah bisa selesai yang dua lantai, total sisanya tahun ini selesai," jelas Danny.

Lebih lanjut, Danny menjelaskan pengerjaan proyek MGC menggunakan skema rancang dan bangun (design and build). Di mana, kata Danny, skema tersebut memiliki tingkat kesulitan yang tinggi. Hal itu dilakukan karena lahan yang sempit.

"Orang biasa membangun dari lantai satu dulu tapi ini tidak, jadi namanya bisa up and down, dari bawah ke atass atau pun sebaliknya," ucap Danny, beberapa waktu lalu.

Danny meminta agar pengerjaan ini benar-benar dibangun dengan baik. Apalagi, skema pembangunan ini menggunakan teknologi dan management terkini.

Maka dari itu, Danny Pomanto meminta agar pengerjaan MGC dikebut. "Saya minta kalau bisa di percepat lagi," sebut Danny.

Danny menambahkan gedung MGC memiliki konsep ramah lingkungan. Di mana, jika ini rampung, maka akan menjadi gedung pemerintahan pertama yang berkonsep green rooftop.

"Ini akan menjadi bangunan pemerintah pertama untuk green building di Makassar," ucap Danny. (Shasa/B)

  • Bagikan